Mandi Balimau Sultan Tradisi Adat Pelalawan saat akan memasuki bulan suci ramadhan 1442 H/2021 M, pada Kamis (08/04/2021).

Sambut Bulan Suci Ramadhan Mandi Balimau Sultan Tradisi Adat Pelalawan

Ahad, 11 April 2021 - 16:51:14 WIB
Share Tweet Google +


PELALAWAN, CATATANRIAU.COM | Saat akan memasuki bulan suci ramadhan 1442 H/2021 M, pada Kamis (08/04/2021). Di lingkungan Istana Sayap Pelalawan, Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Dilaksanakan Mandi Balimau Sultan yang merupakan tradisi rutin adat tahunan masyarakat Pelalawan.

 

Mandi Balimau Sultan merupakan tradisi adat balimau awal diikuti balimau lainnya bertujuan untuk mensucikan diri saat akan masuk bulan puasa. Kegiatan adat istiadat sejak zaman kerajaan Pelalawan ini berdiri kembali  di laksanakan dalam masa pandemi COVID-19, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

 

Hadir dalam acara adat Mandi Balimau Sultan yakni Sultan Pelalawan yang bergelar Assayyidis Syarif Kamaruddin Harun Tengku Besar Pelalawan, Bupati Pelalawan HM Harris, Wakil Bupati Pelalawan H Zardewan, Bupati terpilih yang akan di lantik periode 2021-2026  H Zukri Misran ,Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs Tabana Bangun, MSi. Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Bambang Setyawan SH, MH, di dampingi Kasi Intel Kejari Pelalalawan Sumriadi,SH,MH, Ketua DPRD Pelalawan Baharuddin, SH, MH, Sekda H Tengku Mukhlis, Anggota DPRD Dapil II Muswardi dari  Fraksi PKB dan Unsur Forkopimda, Ketua LAMR Pelalawan T Zulmizan.

 

Dalam prosesi adat mandi Balimau Sultan seluruh tamu tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan memakai masker jaga jarak sesuai aturan yang berlaku.

 

Bupati Pelalawan HM Harris saat memberikan sambutan meminta permohonan maaf karena ini terakhir beliau bisa hadir untuk resepsi mandi Balimau Sultan di akhir masa jabatannya sebagai Bupati Pelalawan Periode 2016-2021.

 

Beliau berharap dengan di laksanakannya tradisi adat mandi Balimau ini hati kita menjadi suci dan khusuk menjalankan ibadah dibulan suci ramadhan.  

 

"Atas nama pribadi sekali lagi memohon maaf, marhaban ya ramadhan minal aidzin wal faidzhin mohon maaf lahir dan bathin" ujar HM Harris . ***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex