Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI saat melakukan pemantauan proses vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Minas.

Vaksinasi Aparatur Pemerintahan Sudah Dimulai, Camat Minas Himbau Masyarakat Jangan Takut

Rabu, 10 Maret 2021 - 13:25:42 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Vaksinasi terhadap Aparatur Pemerintahan maupun petugas publik dilingkup Pemkab Siak sudah dimulai sejak Selasa (9/3/21) kemarin. Vaksinasi terhadap petugas publik dari aparatur pemerintahan yang tugasnya langsung bersentuhan dengan masyarakat ini sendiri dilakukan setelah pihak Dinas Kesehatan dan TNI Polri di wilayah Kabupaten Siak khususnya melakukan vaksinasi.

 

"Nanti pada tahapan berikutnya akan ada vaksinasi terhadap masyarakat umum yang telah disiapkan oleh pemerintah," kata Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI ketika diwawancarai oleh wartawan saat tengah melakukan pemantauan Vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (10/3/21) pagi.

 

Camat Hendra juga menjelaskan, diluar itu juga pemerintah kata dia telah mengadakan vaksinasi mandiri untuk perorangan yang ingin melakukannya secara pribadi.

 

"Jadi disini pemerintah membuatkan regulasi bagi perorangan yang ingin melakukan vaksinasi mandiri atau melakukan pembayaran secara pribadi, pemerintah telah menyediakannya, hanya saja kemungkinan untuk tempatnya ada tersendiri, namun untuk Kecamatan Minas hal itu belum ada," jelas Camat.

 

Terkait hal ini lanjut Camat Hendra, pihaknya juga menginformasikan bahwa vaksinasi Covid-19 ini kata dia ibaratkan mirip seperti imunisasi anak, "dalam artian kita diberikan virus yang telah dijinakkan kemudian dimasukkan kedalam tubuh, kegunaannya untuk melatih daya tahan tubuh kita agar bisa mengenal virus corona ini," jelasnya.

 

Lanjut Camat, "sama halnya seperti imunisasi campak atau polio, namun kalau imunisasi waktu bayi tidak menepis kemungkinan kita tetap terkena campak ketika sudah dewasa, namun perbedaannya dengan vaksinasi ini dikarenakan daya tahan tubuh kita telah mengenal virus corona ini, sehingga apabila kita terkena virus itu nantinya tubuh kita tidak terkejut lagi," terang Camat Hendra menambahkan.

 

Vaksinasi covid-19 ini sendri papar Camat Hendra lagi, merupakan sebuah ikhtiar yang dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus Corona, "mudah-mudahan dengan hal ini seandainya Tuhan menakdirkan kita terkena virus juga, maka Insya Allah nantinya tubuh kita tidak langsung terkejut terhadap virus tersebut, maka kita himbau masyarakat agar tidak takut. Sebab saat ini vaksin sudah ada buatan Indonesia, yang diberi nama Vaksin Merah Putih, untuk kita kawan-kawan dari kantor camat pun kami menggunakan Vaksin Merah Putih tersebut, untuk tahap awal dahulu memang yang digunakan ialah vaksin sinovac," katanya.

 

"Disini kami sampaikan juga, sebelum melakukan vaksinasi petugas medis mereka wajib melakukan screening kondisi tubuh kita, apakah layak untuk dilakukan vaksinasi atau tidak, apabila secara medis tidak layak maka vaksinasi ini tidak dipaksakan seperti yang tensi tinggi, gula darah tinggi maka tidak divaksin, dan akan dilakukan dilain waktu pada saat kondisi tubuh kita sudah stabil," jelasnya lagi.

 

Ditanya apakah para satuan pendidik atau para guru juga sudah dimulai penyuntikan vaksinasi tersebut Camat Hendra mengatakan untuk saat ini belum, "untuk para pendidik belum, namun sebenarnya mereka ini juga merupakan prioritas terlebih saat ini sekolah tatap muka sudah diberlakukan, disini kami sedang berupaya agar para pendidik segera bisa dilakukan penyuntikan vaksinasi," tutupnya.(*)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex