Pentingnya Refleksi Diri Menuju Guru Profesional Pada Abad 21, Oleh : Paramita Rahayu

Selasa, 17 November 2020 - 11:14:27 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Paramita Rahayu salah seorang guru bidang studi Bahasa Inggris yang mengajar disalah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dikecamatan Sungai Apit mengatakan,"Pentingnya Refleksi diri menuju Guru profesional pada abad 21 ini.

 

"Agar terwujudnya menjadi guru yang profesional pada abad 21 ini sangatlah perlu kiranya seorang guru melakukan perbaikan-perbaikan dalam menjalankan tugasnya yakni dalam proses belajar mengajar. Berbagi cerita dengan teman sejawat sangatlah perlu dalam mendapatkan perbaikan diri. Sebab dengan berbagi pengalaman dapat menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi professional serta dapat menjalin hubungan yang baik dengan sesama. "If we create our realities through how we talk about them and we have a choice to emphasize the positive or the negative, what we choose to emphasize matters" Norum (2006). 

 

Berbagi kisah kita di dalam kelas dengan rekan merupakan satu refleksi terhadap diri kita sendiri. Salah satu bentuk wujud kepedulian saya terhadap pengembangan diri yakni dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang saya lakukan berangkat dari permasalahan yang saya hadapi dan teman sejawat ketika melakukan proses pembelajaran.

 

Lanjut ibu dua anak ini, "Refleksi diri ini dapat dijadikan batu loncatan untuk meningkatkan kapasitas diri kita sebagai pendidik. Dengan berbagi cerita tentang apa yang terjadi di kelas dan lingkungan sekolah kita adalah salah satu alat yang sangat kuat sebagai pengembangan diri seorang guru. Dalam hal ini guru dapat saling memberikan support dan berbagi pengalaman sehingga dapat terwujudnya sosok guru yang profesional pada abad 21 ini. 

 

Pada realitanya, untuk menuliskan pengalaman tersebut adalah hal yang sulit jika tak dicoba dan diimplementasikan, namun kita dapat memulainya dengan mencoba membuat mencurahkan pengalaman kita tersebut di dalam jurnal mengajar yang dijadikan sebagai refleksi serta mencari solusi terhadap masalah di kelas. terkadang malu komentar dan feedback kita dapat menemukan jalan keluar atau solusi permasalahan.

 

Jadi yang dapat saya simpulkan, "Marilah kita berbagi pengalaman mengajar kita dengan menuliskan bagaimana kita mengajar agar kita bisa belajar menjadi guru yang lebih baik lagi.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex