TOUR DE SIAK 2017

Senin, 27 November 2017 - 07:52:39 WIB
Share Tweet Google +

Siak (26/11/2017) – Kabupaten Siak dengan ibu kotanya Siak Sri Indrapura merupakan salah satu Negeri melayu yang berada di tanah lancang kuning Riau. Dahulunya daerah ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak dengan Raja terakhir yaitu Sultan Syarif Kasim II.

Sebagai situs peninggalan sejarah melayu, saat ini Siak menjadi salah satu daerah wisata yang banyak dikunju ngi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Bagaimana tidak, bangunan istana Siak Sri Indrapura atau juga dikenal Istana Negeri Matahari Timur itu masih berdiri kokoh dengan segala kemegahanya. Belum lagi Tepian Bandar Sungai Jantan yang akan sangat indah di pandang saat malam hari serta tempat-tempat wisata lainya. Tidak salah jika setiap wisatawan yang datang ke Siak sulit untuk melupakan kenangan mereka selama berada di Siak.

Sebagai daerah berkembang, pemerintah daerah setempat selalu berupaya untuk berinovasi dalam membenahi sektor pariwisata dengan mengadakan salah satu event balap nasional yang disebut dengan Tour de Siak. Maka, pada tahun 2013 menjadi tahun pertama diadakanya event tersebut. Tour de Siak 2013 menjadi event yang berdampak besar bagi masyarakat setempat, secara tidak langsung event tersebut mampu meningkatkan sektor ekonomi, olahraga, dan pariwisata. Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan dalam maupun luar negeri yang berkunjung pada saat terselenggaranya event tersebut.

Melihat kesuksesan Tour de Siak 2013, maka pemerintah Kabupaten Siak menjadi event tersebut sebagai Program/Event Tahunan di Siak. Tahun 2017 menjadi tahun ke-5 penyelenggaraan event balap bergengsi tersebut. Untuk tahun ini, Tour de Siak di bagi menjadi 3 etape dengan total panjang lintasan 361,69 km. Event yang akan di mulai pada hari Senin tanggal 27 November 2017 tersebut diawali dengan acara Lomba Photography dan Pembukaan Bazar Ekonomi Kreatif. Sedangkan, untuk Opening Ceremony akan dilaksanakan keesokan harinya tanggal 28 November 2017. Untuk balapan Etape I dengan rute (Siak-Dayun PP) akan dimulai hari Rabu, tanggal 29 November. Selanjutnya, Etape ke-II akan dilaksanakan tanggal 30 November 2017 dengan rute ( Siak-Sungai Apit PP). Untuk Etape III akan dilaksanakan tanggal 1 Desember 2017 dengan rute (Dalam Kota Siak) sekaligus menjadi hari terakhir pelaksanaan Tour de Siak 2017.

 Peserta Tour de Siak 2017 dari 13 team yang tergabung dari pebalap dalam dan luar negeri. Untuk Local Team terbagi atas 6 Team antara lain Team KFC, PGN, CCC, BRCC, UBK dan BSP Siak. Sedangkan untuk Foreign Team  terdiri atas 7 Team antara lain Team Kuala Lumpur, Go For Gold, Selangor, CCN, Sapura Cycling dan VIB Cycling. Guna menyukseskan acara ini, Panitia Tour de Siak 2017 sudah menyediakan Team Teknis terbaik yang berjumlah sekitar 30 orang.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex