Polres Rohul Gelar Upacara & Syukuran Peringatan Hari Bhayangkara ke-78

Selasa, 02 Juli 2024 - 00:14:42 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara ke 78 tahun 2024 Polres Rokan Hulu (Rohul) di Halaman Kantor Bupati Rohul, langsung dipimpin Kapolres AKBP Budi Setiyono SIK MH. Senin (01/07/2024). Sekitar pukul 08.00 Wib.

Hadir dalam giat tersebut, Dandim 0313 / KPR diwakili Pabung Rohul Mayor Inf Andre Suwardi S Sos,  Asisten II Setda Rohul  Drs Ibnu Ulya MSi,  Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasir Pangaraian Rony Suata SH MH,  Ketua Pengadilan Agama (PA) Pasir Pasir Pengaraian Gita Febrita SH MH, Wakapolres Kompol Rahmat Hidayat SIK.

Kemudian, Perwakilan Fokopimda, Ketua KONI Rohul DR (HC) Andi Sidomulyo, para PJU dan Perwira Polres Rohul, para Kapolsek Jajaran, para Danramil Jajaran, Kepala Dinas, OPD,.Ketua Senkom Rohul H Parlan, Ketua LAM Rohul diwakili Datuk Tasmid, BEM UPP, BEM Rokania, Himarohu, KNPI, Pemuda Pancasila, IPK, Banser,  Para Purnawirawan Polri dan lainnya.

Terpantau Pejabat Upacara,  bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH, Cadangan Inspektur Upacara Waka Polres Kompol Rahmat Hidayat SIK, Perwira Upacara  Kasikum Kompol Dasril SH, Cadangan Perwira Upacara Kasiwas AKP Jon  Heri SH

Kemudian, Komandan Upacara  Kasat Samapta IPTU Nanang Pujiono SH, Cadangan komandan Upacara  KBO Sat Narkoba IPDA Rully Chairullah, SE  Pembawa Acara  Bripka Lisnawati SH,  Cadangan Pembawa Acara  Briptu Raudhatul Jannah, SH, Pengucap Tribrata  Bripda Anwar Bangun,  Cadangan Pengucap Tribrata  Bripda Ramadh Agung Sinaga, Pembawa Keputusan  Bripda Septia Maharani, Cadangan Pembawa Keputusan  Bripda Romeika  Br Siregar, Pembawa Baki  Briptu UMI Kalsum, SH, Cadangan pembawa Baki  Briptu Santa SH.

Selanjutnya, Operator Musik  Brigadir  Delvi Hariani, SE, Cadangan operator musik Bripda Theogivanny, Pembaca Doa  Bripka Hendri S Pd, Cadangan Pembaca Doa  Briptu Rivaldi Irfan  S Psi dan Ajudan Inspektur Upacara  Bripda Daniel P Nababan.

Adapun kesatuan Upacara,  Pleton I  Gabungan Perwira Polres Rohul, Pleton II  Anggota Polwan Polres Rohul, Pleton III  Anggota TNI, Pleton IV  Anggota Sat Samapta, Pleton V  Anggota Sat Lantas, Pleton VI  Anggota Gabungan Staf,  Pleton VII  Anggota Gabungan Polsek Jajaran,  Pleton VIII  Anggota Gabungan Sat Reskrim / Sat Intelkam / Sat Narkoba,  Pleton IX Anggota Dishub,  Pleton X  Anggota BPBD,. Pleton XI  Anggota Pramuka,  Pleton XII Anggota Senkom, Pleton XIII  Anggota Pemuda Pancasila dan Pleton XIV  Gabungan Mahasiswa

Adapun amanat Inspektur Upacara,  ucapan syukur atas kehadiran dan mengikuti upacara dalam  Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, dalam suasana kebersamaan serta penuh Khidmat.

Melalui kesempatan ini, sebagai Pimpinan Polres Rohul, AKBP Budi Setiyono SIK mengucapkan selamat memperingati hari Bhayangkara ke - 78 tahun 2024, kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri, di manapun berada dan bertugas, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, juga disampaikan atas pengabdian saudara, dalam memberikan pelayanan  terbaik kepada Masyarakat.  

Meskipun, dihadapkan pada berbagai keterbatasan, saudara tetap menunjukkan dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi, sehingga dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif, dalam rangka mendukung pembangunan Nasional.

Berbagai pengalaman sejarah selama perjalanan waktu 78 tahun ini, telah mematangkan karakter pengabdian untuk menjadikan Polri lebih cerdas dan tegar, dalam mengemban tugas memelihara keamanan dalam Negeri.

Kita patut bersyukur, beberapa prestasi dan pencapaian kinerja Polri, Dewasa ini telah mendapat apresiasi dari pemerintah, dan masyarakat. Beberapa kasus menonjol dan meresahkan telah berhasil kita ungkap.

Sungguh pun demikian, harus kita sadari bahwa, di samping keberhasilan dan pencapaian tersebut, masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan yang perlu segera kita perbaiki, terutama dalam upaya membangun kepercayaan Publik.

Selain itu, pada aspek pembinaan masih ditemukan adanya oknum Anggota Polri yang melakukan pelanggaran Disiplin, Kode Etik, maupun tindak pidana, sehingga mencederai nama baik dan menurunkan citra institusi.

Selanjutnya, perlu kita pahami bersama bahwa, kesuksesan dan capaian Polri dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari bantuan elemen masyarakat serta instansi terkait, oleh karena itu pada Kesempatan Yang Berbahagia Ini Saya Mengucapkan Terima Kasih Dan Penghargaan Yang Setinggi – Tingginya, Kepada Seluruh Elemen Masyarakat Beserta Instansi Terkait Yang Telah Berpartisipasi Mendukung Pelaksanaan Tugas Polri.

Harapan saya, kiranya semua prestasi dan keberhasilan yang telah diraih selama ini, dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang sehingga Polri dapat bertransformasi menjadi institusi yang semakin dipercaya dan dicintai masyarakat melalui postur Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

Terkait dengan persiapan kita dalam menghadapi agenda Nasional Pilkada serentak tahun 2024,  Tahun ini kita telah memasuki beberapa tahapan dalam pelaksanaan Pemilukada Tahun 2024.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka perkembangan dan dinamika Politik, diprediksi akan semakin meningkat dan sarat dengan kepentingan, sehingga berpotensi menimbulkan benturan dan konflik dalam bentuk perselisihan, aksi kekerasan komunal, maupun kontak fisik antar kelompok massa yang berseberangan dan dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu.

Menyikapi permasalahan di atas, seluruh anggota Polri khususnya Polres Rohul, selain tetap berpegang teguh dan berpedoman pada prinsip netralitas dan tidak memihak dalam penyelenggaraan Pemilu, juga harus mampu menentukan langkah - langkah yang proaktif, sehingga potensi konflik yang ada dapat dikelola dan diantisipasi sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, hal ini sejalan dengan tema hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini, yaitu “Polri presisi mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas”.

Tema ini merupakan representasi dari tekad dan semangat kita, untuk senantiasa bersama-sama dengan seluruh Stakeholder, melakukan perbaikan, pembenahan serta berkomitmen menjadi lebih baik lagi, dalam memberikan pengabdian kepada Masyarakat.  

Pada kesempatan  ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan dan instruksi kepada seluruh Personel Polres Rohul dan Jajaran, sebagai berikut :

1. Tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas

2. Tanamkan terus kesadaran diri, bahwa profesi kepolisian yang saudara pilih, merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu, tingkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri dengan memberikan pengabdian serta karya yang terbaik

3. Inventarisir permasalahan di lapangan dalam penanganan konflik sosial, dan tingkatkan kemampuan deteksi dini, terhadap berbagai kemungkinan terjadinya tindak kekerasan dan kriminalitas, serta upayakan pencegahannya secara maksimal. jika langkah pencegahan tidak berhasil, maka lakukan tindakan hukum yang tegas, guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan di Masyarakat

4. Tingkatkan kesiapsiagaan Operasional untuk mengantisipasi eskalasi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat, agar kehadiran aparat Kepolisian tidak terkesan mendadak, dalam menangani konflik komunal, maupun tindakan anarkis lainnya

5. Tingkatkan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang efektif antar penegak hukum, pengemban fungsi Kepolisian dan segenap pemangku kepentingan sebagai implementasi dari pendekatan sinergi Polisional, guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, dalam rangka mensukseskan Pemilukada 2024

6. Kepada semua Personil, saya instruksikan untuk lebih memberikan keteladanan dan mempererat soliditas, baik internal Polri maupun dengan TNI, guna memastikan pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan berkualitas

"Sebelum mengakhiri amanat ini, Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada segenap masyarakat yang telah mendukung dan mengambil bagian dalam upaya untuk mewujudkan Polri yang lebih baik," pungkasnya.

Lanjutnya, Polri bukanlah hanya milik Polri semata, namun Polri adalah milik kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat. karena itu, dukungan dan doa dari semua pihak sangat kami butuhkan guna mewujudkan harapan pemerintah dan Masyarakat.

"Demikian amanat saya, semoga Allah SWT Tuhan yang maha Esa senantiasa memberikan kekuatan, petunjuk, bimbingan dan perlindungan-nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan  dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara," imbuhya.

Selanjutnya dalam  Hari Bhayangkara  ke  78, Kapolres Rohul juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berprestasi dalam membantu tugas Kepolisian dan menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat.

Adapun Satkamling yang menerima penghargaan :

1. Pos Satkamling Terbaik Polsek Rambah RW 07 RT.13 Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rohul

2. Pos Satkamling Terbaik Polsek Kepenuhan RT 15/ RW. 05 Desa Kepenuhan Raya Kecamatan Kepenuhan.

3. Pos Satkamling Terbaik Polsek Rambah Hilir RT 06 RW 02

Terpantau, kegiatan upacara dan syukuran Hari Bhayangkara ke 78 berakhir sekitar pukul 12.00, selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polres Rohul).

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex