Cegah Banjir & Tingkatkan Kualitas Sarana Umum, Dinas PUPR Bangun Drainase Di Babussalam

Jumat, 28 Juni 2024 - 11:03:06 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Demi memperpanjang umur ketahanan sarana fisik seperti jalan dan kawasan pemukiman, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melaksanakan pembangunan drainase pada ruas Jalan Imam Baqi yang terletak di Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul.

Pembangunan ini tidak hanya difokuskan pada satu lokasi saja, tetapi juga dilakukan di Dusun Darussalam, Desa Babussalam, dengan tujuan meningkatkan prasarana, sarana, dan utilitas umum di wilayah tersebut.

Kepala Dinas PUPR Rohul, Anton ST.MM, menjelaskan bahwa pembangunan drainase di Desa Babussalam bertujuan untuk menjaga fasilitas kawasan di daerah tersebut.

"Karena daerah Babussalam rawan dengan banjir, kami berusaha membangun drainase sehingga nantinya saat musim hujan, air tidak lagi menggenangi badan jalan dan pemukiman warga," ujar Anton.

Pembangunan drainase ini juga merupakan respon atas permintaan masyarakat Dusun Darussalam melalui Desa Babussalam, yang selama ini mengeluhkan seringnya pemukiman warga tergenang air saat hujan. Pemerintah daerah melalui APBD Rokan Hulu tahun 2024 telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 3.992.600.000 untuk dua lokasi pembangunan drainase ini.

"Kami berharap dengan adanya pembangunan drainase ini, masyarakat sekitar dapat berpartisipasi dan bersama-sama menjaga fasilitas ini agar bisa bertahan lebih lama ke depannya," tambah Anton pada Jumat (28/06/2024) saat dikonfirmasi melalui hubungan via seluler dengan awak media ini.

Selain itu, Anton juga mengungkapkan harapannya agar pembangunan ini berkelanjutan ke depannya, sehingga masyarakat Rohul secara keseluruhan dapat menikmati semua infrastruktur yang telah dibangun.

Di sisi lain, salah satu warga Desa Babussalam yang bernama Irpan mengucapkan terima kasih kepada Dinas PUPR yang telah membangun drainase di daerah tersebut.

"Iya bang, daerah kami ini kalau musim hujan sering tergenang air, bahkan kalau hujannya deras, Sungai Batang Lubuh bisa meluap dan menyebabkan banjir. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Anton yang sudah mendengarkan keluhan kami karena kami sangat membutuhkan pembangunan drainase ini," ucapnya saat awak media turun langsung ke lokasi pembangunan drainase.

Kehadiran drainase diharapkan tidak hanya memperpanjang umur infrastruktur yang ada, tetapi juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga sekitar, terutama dalam menghadapi musim hujan. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menjawab kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kualitas hidup mereka.***

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex