15 Unit Rumah Layak Huni Akan Di Bangun Dinas Perkim Untuk Keluarga Kurang Mampu

Kamis, 27 Juni 2024 - 18:02:52 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Satu kebutuhan pokok masyarakat selain sembako adalah ketersediaan rumah atau tempat tinggal yang layak untuk dihuni. Melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Rokan Hulu akan membangun 15 rumah layak huni pada tahun 2024.

Hal ini disampaikan oleh Pj. Kadis Perkim Kabupaten Rokan Hulu, Anton ST.MM, saat ditemui awak media di ruang kerjanya pada Kamis (27/06/2024). Anton mengungkapkan bahwa bantuan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu telah disetujui Pemprov Riau dan dalam jangka dekat siap untuk dikerjakan.

"Bantuan rumah layak huni yang kita usulkan sebenarnya banyak sesuai dengan permintaan dari masyarakat desa. Namun, hanya 15 unit yang bisa kita realisasikan dalam waktu dekat ini. Kami akan segera mengundang para kepala desa untuk mengadakan sosialisasi terkait bantuan pembangunan rumah layak huni ini," ujar Anton yang di dampingi Kabid Perumahan, Citra Perdana.

Dari 15 rumah layak huni yang akan dibangun, ada delapan desa di Rokan Hulu masyarakat nya yang benar-benar membutuhkan tempat tinggal yang layak. Anton merinci bahwa delapan desa yang mendapatkan bantuan rumah layak huni tersebut adalah:

"Desa Pekan Tebih (dua unit), Desa Kepenuhan Barat Mulia (dua unit), Desa Kepenuhan Hulu (dua unit), Desa Lubuk Soting (dua unit), Desa Batas (dua unit), Desa Payung Sekaki (dua unit), Desa Pasir Luhur (dua unit), dan Desa Pasir Indah (satu unit)," katanya.

Adapun anggaran biaya yang akan dialokasikan untuk satu unit rumah layak huni sebesar Rp. 60.000.000. Pelaksanaan pembangunan rumah tersebut akan diserahkan kepada pihak desa yang bersangkutan, dengan pembentukan kelompok masyarakat (Pokmas) yang bertanggung jawab atas pengerjaan.

"Saya berharap nantinya para kepala desa selalu aktif berkoordinasi dengan kami sehingga apapun kendalanya dapat ditangani dengan baik," ungkap Anton.

Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di delapan desa tersebut dengan menyediakan tempat tinggal yang layak dan sehat. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat kurang mampu yang selama ini kesulitan memiliki rumah layak huni.

"Kita juga berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan jumlah rumah layak huni yang dibangun di tahun-tahun mendatang, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari masyarakat," tutup Anton.

Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat Rokan Hulu dapat merasakan manfaat langsung dari pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.***

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex