Daftar ke Enam Parpol, Dr.Afni Optimis Berlayar di Pilkada Siak

Kamis, 09 Mei 2024 - 19:38:39 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Aktivis yang juga akademisi Dr.Afni Z,M.Si menunjukkan keseriusannya bertarung di Pilkada Kabupaten Siak, dengan mengantongi pendaftaran ke enam Partai Politik sekaligus. Srikandi kelahiran Siak Sri Indrapura ini sangat optimis akan berlayar di Pilkada Siak November 2024 mendatang.

''Hari ini saya mengembalikan formulir pendaftaran ke PPP. Sebelumnya sudah ke Nasdem, PKB, PDIP, Perindo, dan Hanura,'' kata Afni menjawab awak media, Kamis (9/5/2024).

Di kantor PPP, Afni disambut Ketua DPC PPP Zulfaini dan Ketua tim penjaringan, H.Musar. Ikut membersamai pengurus PPP dan para pendukung.

Ketua Muslimat NU Kabupaten Siak ini mengatakan, komunikasinya dengan hampir semua Partai Politik yang memiliki kursi ataupun non parlemen sangat baik. Hal ini sudah menjadi komitmennya untuk merangkul semua pihak demi membawa Siak menjadi lebih baik.

''Saya sudah berkomunikasi juga dengan Golkar, Gerindra dan PKS. Tentu tiap partai mekanismenya berbeda-beda, saya sangat menghormati hal tersebut dan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan semuanya,'' katanya.

Meski harus melawan pasangan incumbent, Afni yang menjadi Bacalon Bupati perempuan pertama di Siak ini mengaku optimis mendapat dukungan masyarakat. Apalagi mantan Ketua OSIS SMUN 1 Siak ini sudah memulai kampanye dengan turun ke berbagai desa dan kampung di Siak sejak setahun terakhir.

''Saya sudah banyak mendengar, mencatat dan langsung melihat kondisi masyarakat di tingkat tapak. Jadi saya sudah punya konsep arah pembangunan Siak 5 tahun ke depan, untuk mewujudkan Siak yang lebih hebat dan bisa membahagiakan rakyat,'' kata Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Publik, Universitas Lancang Kuning ini.

Jika dipastikan berlayar nantinya, Afni akan menjadi calon bupati termuda dalam sejarah Pilkada Kabupaten Siak. Meski usianya baru 38 tahun, namun pengalamannya sudah me-Nasional. Di usianya yang baru 28 tahun, ia sudah diangkat menjadi Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Ia juga pernah menjadi jurnalis Istana Kepresidenan, sehingga memiliki lingkar jejaring yang baik di pemerintah pusat. Selain dikenal membina kegiatan millenial, Afni telah mendampingi banyak kelompok masyarakat yang berkonflik, dan konsisten menyuarakan tentang konsep pembangunan berkelanjutan.

Meski telah berkarir di Kementerian, sosoknya mudah diterima karena bisa berbaur dengan semua kalangan. Terbukti beberapa Ormas telah menyatakan dukungan, seperti LLMB, PKPD dan simpul-simpul millenial serta komunitas masyarakat dalam dan sekitar kawasan hutan. Selain itu mantan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Group (JPNNTV dan Pekanbaru Pos) ini, juga mengantongi dukungan dari Bupati Siak dua periode, Arwin AS.

Dengan segudang pengalaman dan jejaringnya, Afni kini percaya diri dan berani masuk ke arena politik yang biasanya didominasi laki-laki. Saat ditanya perihal calon wakilnya, hanya dijawab singkat.''Tunggu saja, yang jelas insyaAllah kombinasi menang,'' tutupnya.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex