PKDP Minas Nyatakan Dukungan untuk Dr.Afni memenangkan Pilkada Siak

Pengalaman dan Berdarah Minang, PKDP Minas Deklarasi Dukung Dr.Afni di Pilkada Siak

Ahad, 05 Mei 2024 - 09:50:23 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Memiliki pengalaman dan integritas yang tidak perlu diragukan, Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kecamatan Minas menyatakan dukungan penuh pada Dr.Afni Z,M.Si di Pilkada Kabupaten Siak. Deklarasi ini disampaikan pada Sabtu (4/5) malam dan dihadiri hampir 100 orang anggota PKDP Minas.

Dikatakan Ketua PKDP Minas yang akrab disapa Ajo Garuda, deklarasi dukungan secara bulat ini sudah melalui pertimbangan yang matang bersama Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan pihak lainnya. Beberapa kali pertemuan telah dilakukan, termasuk melihat karakter kepemimpinan Afni yang konsisten tidak mau berjanji saat berkampanye.

"Kami sudah tidak mau lagi disodori janji manis sekali 5 tahun, tapi nyaris tidak ada yang terealisasi. Jadi sekarang kami dukung penuh Dr.Afni untuk memenangkan Pilkada Siak sebagai Calon Bupati. Ini menjadi sikap kami PKDP Kecamatan Minas," ungkap Ajo Garuda.

Hal mendasar lainnya dari sikap PKDP Minas memberi dukungan pada Bacalon Bupati Perempuan pertama di Kabupaten Siak itu adalah karena garis keturunan dari pihak Ibunya yang berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Bagi orang Sumbar menganut sistem kekerabatan dari garis Ibu.

"Dr.Afni ini asli Melayu kelahiran Siak, tapi ternyata urang awak. Ibunya asli Payakumbuh, suku Pitopang Jambak. Jadi ini suatu kebanggaan ada anak kemanakan awak yang maju di Pilkada Siak dan wajib kita dukung bersama. Kami akan sampaikan ini ke seluruh dusanak, semoga kelak Dr.Afni bisa jadi pemimpin Siak yang adil dan baik bagi semua suku tanpa membeda-bedakan," harap Ajo.

Sementara atas deklarasi dukungan ini, Dr.Afni menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa hormatnya. Dosen Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Lancang Kuning mengajak semuanya terus bekerja keras untuk menaikkan popularitas dan elektabilitasnya.

"Prinsipnya saya hindari obral janji demi menjaga hati rakyat dan menghindari dosa. Daripada berjanji lebih baik kita bangun kesepahaman kerja bersama-sama demi memberi yang terbaik bagi rakyat Siak," katanya.

Terkait historis keluarganya, Afni mengaku Ibunya memang berasal dari Payakumbuh dan merantau ke Siak sejak era tahun 1980-an, ketika menikah dengan Ayahnya yang asli Siak Sri Indrapura. Bahkan dua saudara kandungnya juga dilahirkan di Payakumbuh, begitupun Datuk Nenek dan keluarga besar Ibu-nya masih tinggal disana.

"Sayapun pernah satu tahun kelas 5 SD di Payakumbuh. Jadi kalau di suku melayu ikut garis Ayah, maka di suku minang ikut garis Ibu, tentu saya berbangga bisa merasakan langsung keberagaman kekayaan Indonesia di tengah keluarga," kata Tenaga Ahli Menteri LHK RI ini.

Dengan keberagaman suku, ras, budaya, agama, dan lainnya di Kabupaten Siak, Afni berharap Pilkada Siak berjalan dengan riang gembira dan guyub. Selain PKDP, Ormas LLMB  juga sudah menyatakan dukungan pada aktivis pejuang hak hutan tanah rakyat ini. Deklarasi dukungan LLMB bahkan dihadiri langsung oleh Panglima Pucuk Datuk Ismail dan tokoh masyarakat yang juga mantan Bupati Siak dua periode, H.Arwin AS.SH.****

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex