Pemkab Rohul Ikut Meriahkan Lancang Kuning Carnival 2024 Di Kota Pekanbaru

Ahad, 05 Mei 2024 - 08:15:40 WIB
Share Tweet Google +

Rohul (Pekanbaru), Catatanriau.com | Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dengan bangga turut serta dalam gebyar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Lancang Kuning Carnival yang diadakan di Kota Pekanbaru pada Jum'at hingga Ahad, 3 - 5 Mei 2024. Kegiatan yang menjadi bagian dari Gebyar BBI ini menampilkan 123 booth UMKM yang dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemkab Rohul aktif dalam memeriahkan acara yang dihadiri oleh ratusan UMKM di Riau, serta anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Bupati Rohul, H. Sukiman, melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, H. Helfiskar, SH.MH, mengajak seluruh masyarakat Rohul, terutama yang tinggal di Pekanbaru, untuk mengunjungi booth Pemkab Rohul selama acara berlangsung. Booth ini menampilkan produk unggulan original dari Rohul serta Pesona Wisata Sejarah dan Budaya daerah Rohul.

Pada pembukaan stand pameran, stand Rohul mendapat kunjungan dari ibu Pj. Gubernur Riau, Ibu Adrias Hariyanto, yang disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul, Muhammad Zaki, S.STP,.M.Si, beserta istri, Siska Irdaningsih M. Zaki, dan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Rohul, H. Helffiskar, SH,.MH.

Beberapa produk UMKM Rohul yang ditampilkan antara lain:

1. Tenunan Songket karya ibu Mulyati Tambusai Utara.
2. Batik tulis karya Agus Prayono dan batik printing dekranasda motif abstrak.
3. Tanjak Unak Serantau, Tas Rajut, dan Kerajinan Lidi Sawit.
4. Miniatur Istana Kerajaan Rokan, Islamic Center Rokan Hulu, Tugu Benteng Tuanku Tambusai, dan Pesona Wisata Rohul.

Selain itu, tersedia juga beragam makanan dan minuman seperti Kripik Nenas, Keripik Jengkol, Kue Sepit, Gula Aren, Gula Semut, Madu, Jahe Merah, dan Kopi Rambah.

Rangkaian acara Lancang Kuning Karnival 2024 yang diangkat oleh Rohul meliputi Grand Carnaval (Historical Carnaval, Ultra Glam, dan Bion Kultural).

Historical Carnaval menampilkan kostum karnaval yang menggambarkan sejarah, legenda, atau tokoh nasional dari daerah, termasuk sosok Tuanku Tambusai, Pahlawan Nasional dari Kabupaten Rohul, dan busana Lukah gilo, budaya komunitas adat Bonai.

Ultra Glam Carnival menampilkan ide busana masa kini dengan mengangkat tradisi upah-upah dan kostum layang-layang sebagai permainan tradisional.

Beyond Carnival menggambarkan bahwa budaya akan tetap menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di masa mendatang. Rohul menampilkan Pesona Wastra Nusantara dengan kombinasi Batik tulis Khas Rohul dan tenun songket, unggulan produk UMKM di Rohul.***

Laporan : E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex