Usung Tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar! SDN 003 Belimbing Gelar Upacara Hardiknas Tahun 2024

Kamis, 02 Mei 2024 - 22:49:28 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Dengan mengenakan ragam pakaian adat, keluarga besar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 003 Belimbing, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (02/05/2024) pagi.

Upacara yang dilaksanakan di halaman SDN 003 Belimbing itu tampak berlangsung khidmat, dan bertindak sebagai pembina upacara Herda Lisnawati S.Pd SD Kepala SDN 003 Belimbing.

Upacara itu tampak diikuti dengan penuh sukacita oleh seluruh para guru dan peserta didik yang ada di Sekolah itu.

Dijelaskan Herda Lisnawati S.Pd SD, kegiatan upacara ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Sekolah tersebut, dan untuk tahun 2024 ini, pihaknya mengusung tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar."

"Tema ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nomor 11911/MPK.A/TU.02.03/2024 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024," katanya.

Dalam kesempatan itu, Herda Lisnawati juga berpesan kepada seluruh peserta didiknya agar kian meningkatkan semangat belajar, sebab kata Kepsek, anak-anak tersebut adalah generasi penerus bangsa yang dapat menentukan masa depan negara Republik Indonesia kearah yang lebih baik lagi.

"Alhamdulillah, kegiatan ini kita adakan untuk lebih memotivasi para siswa siswi kita, untuk belajar lebih giat lagi, karena mereka itu adalah generasi penerus bangsa untuk memajukan negara kita ini agar lebih baik lagi kedepannya," imbuhnya.

Herda Lisnawati juga mengupas tentang sejarah bagaimana Hardiknas ini harus diperingati setiap tanggal 2 Mei disetiap tahunnya, yang mana tanggal itu merupakan tanggal lahir tokoh pahlawan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.

Ki Hadjar Dewantara sendiri, beliau wafat pada tanggal 26 April 1956, dan kematiannya membawa rasa sedih bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk menghormati jasa-jasanya dalam bidang pendidikan, pemerintah Indonesia pun menetapkan tanggal lahirnya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari tersebut ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959.

Meski bukan berbentuk hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional tetap dirayakan secara luas dalam bentuk upacara bendera diberbagai instansi pendidikan seperti, PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi di tingkat Kecamatan serta pusat.***

 

Laporan : S.A Pasaribu



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex