Diantar Ulama dan Ratusan Massa, Dr.Afni Mendaftar ke PKB Siak

Senin, 29 April 2024 - 18:29:23 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Manuver politik tokoh muda Riau Dr.Afni Z, M.Si semakin memanaskan kontestasi Pilkada Siak. Dengan diantar banyak ulama dan ratusan massa warga NU dan berbagai organisasi masyarakat, aktivis pejuang hak rakyat ini mendaftar sebagai Calon Bupati ke Kantor DPC PKB Siak, Senin (29/4/2024).

Ratusan massa datang menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, mobil dan bus. Mereka tampak hadir mengiringi mulai dari rumah orang tua Afni di turap Kampung Rempak, hingga ke kantor DPC PKB Siak. Begitu tiba, Tenaga Ahli Menteri LHK RI ini menggandeng tangan ayahnya, beriringan dengan massa pendukung memadati kantor DPC PKB Siak.

Di antara ulama Siak yang ikut mendampingi, tampak KH. M. Suyoto, dan KH.Mahfudz Aly. Sedangkan dari tokoh perempuan warga NU Siak tampak Bu Nyai Nurhasanah Thoyib Firdaus, Bu Nyai Hannah dan Bu Nyai Rohimah, serta banyak tokoh lainnya.

Di kantor DPC PKB Siak, rombongan calon bupati perempuan pertama Siak ini disambut langsung Ketua DPC PKB Siak, Muhtarom dan seluruh jajaran. Dalam sambutannya, Afni mengungkapkan hubungan baik yang telah terjalin antara dirinya dan PKB.

"Komunikasi politik saya dengan PKB selama ini sangat baik. Bahkan ikut berkampanye bersama-sama dengan banyak Caleg PKB di Pileg 2024 lalu, dan Alhamdulillah menjadi bagian dari pendukung mereka yang duduk di DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten. Jadi bentuk komitmen saya dengan PKB bukan lagi janji, tapi berbasis kerja dan bukti untuk bersama-sama membangun Siak yang kita cintai," kata Afni.

Anak jati kelahiran Siak Sri Indrapura ini juga mengaku sangat menghormati PKB sebagai salah satu rumah politik Nahdliyin di Kabupaten Siak. Karena itu pula sebelum mendaftar, ia sowan dan telah mengantongi restu banyak ulama kharismatik NU di Siak.

Sementara itu, Muhtarom dalam sambutannya mengatakan, menyambut terbuka kedatangan Dr Afni Z, MSi yang mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Bupati Siak. Menurutnya, dalam Pilkada serentak tahun 2024 ini, PKB akan berdiri sebagai partai pengusung. "Jadi kebijakan pimpinan pusat PKB, kita akan berdiri sebagai partai pengusung, bukan sekedar pendukung, " terangnya.

Sementara terkait langkah Afni, pihaknya akan memproses sesuai ketentuan yang telah diatur partai. "Hari ini berkas pendaftarannya sudah lengkap. Semoga apa yang kita harapkan dapat berjalan lancar, " ujarnya.

*Sejarah Baru dan Solid*

Dalam kesempatan itu juga ,  perwakilan massa pendukung, Didik Herwanto mengatakan, pendukung Afni yang ikut mengantar hari ini berasal dari massa NU, dan ini menjadi sejarah baru karena untuk pertama kalinya ada bagian dari keluarga besar NU Siak yang berani maju ke gelanggang Pilkada Siak.

"Kami mendukung tentu setelah melihat track record Bu Afni. Punya pengalaman di tingkat Nasional, profesional, putri asli Siak, dan yang terpenting beliau adalah Ketua Muslimat NU Kabupaten Siak. Ini tentu menjadi satu kebanggaan bagi kami warga NU untuk merapatkan barisan, tanpa ada keraguan memberi dukungan Bu Afni memenangkan Pilkada Siak," kata Didik.

Terkait adanya kontestan petahana yang juga melirik PKB sebagai perahu politik mereka, menurut Didik tidak ada masalah. Hal itu menurutnya hal biasa dalam kontestasi politik di negara demokrasi.

"Yang jelas dukungan massa hari ini membawa pesan penting, bahwa kami warga Nahdliyin se Kabupaten Siak, akan solid bersama perjuangan Ibu Afni. Meski tidak mudah, tapi InsyaAllah suara kami solid nderek Kyai," tegas Didik.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex