H. Sukiman Hadiri Rakornas Paguyuban Pujakesuma Tahun 2024 Di Jakarta

Selasa, 23 Januari 2024 - 22:29:32 WIB
Share Tweet Google +

Jakarta (Rohul), Catatanriau.com | Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatra (Pujakesuma) melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun 2024, yang bertempat di Beach City Internasional Stadium Ancol Jakarta Utara. Rakornas ini di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) H. Joko Widodo. Sabtu (20/01/2024).

Rakornas ini juga di hadiri Ketua Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) H. Sukiman Beserta Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Pujakesuma Provinsi Riau. Hadir juga ribuan peserta Rakornas dari seluruh penjuru Indonesia.

H. Joko Widodo dalam sambutan pembukaan Rakornas menyampaikan 
pada tahun ini Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan legislatif (Pileg) pada Februari 2024 serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024. Pemilu merupakan sebuah pekerjaan sangat besar bagi sebuah Negara untuk terus menjaga keberlanjutan pembangunan.

"Saya mengajak bapak ibu sekalian untuk bersama-sama menjaga kerukunan, menjaga persatuan, menjaga keutuhan kita sebagai sebuah bangsa yang besar. Jangan sampai karena perbedaan pilihan, tidak saling menyapa bertetangga, tidak saling menyapa antar berkawan, yang biasanya setiap hari berjumpa dan bertegur sapa, jadi tidak ada lagi, hal seperti ini yang harus kita hindari," kata Jokowi.

Lanjutnya, Pemilu ini di laksanakan setiap lima tahun sekali, jadi demokrasi itu biasa. Jangan sampai yang di atas sudah makan-makan, sudah ngopi-ngopi, sudah ngeteh bareng, yang di bawah masih usreg (bahasa Jawa: berisik, ribut), masih tidak saling bertegur sapa antar bertetangga, ini yang tidak boleh," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Presiden Jokowi juga mengajak untuk merayakan pesta demokrasi dengan penuh rasa tanggung jawab. Sehingga menghasilkan Pesta demokrasi yang damai, sukses, dan lancar. baik di kala Pilpres, Pileg, maupun nanti Pilkada.

Usai acara pembukaan Rakornas, Ketua Umum DPP Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Eko Sopianto mengatakan  kegiatan Rakornas Pujakesuma 2024 ini adalah konsolidasi internal Pujakesuma mulai Aceh sampai Maluku. Pujakesuma yang berdiri sejak 10 Juli 1980 saat ini sudah ada di 21 Provinsi seluruh Indonesia.

"Tujuan di laksanakan nya Rakornas ini karena Pujakesuma sudah lama tidak berkoordinasi dengan Pengurus dan Anggota DPW, makanya hari ini kita undang seluruh DPW Pujakesuma yang ada, mulai dari Aceh sampai Maluku," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, Bapak Presiden tidak mengarahkan atau mengintervensi sikap politik Paguyuban Pujakesuma dalam kontestasi Pilpres 2024, meskipun pada kesempatan Rakornas yang lalu Paguyuban Pujakesuma mendukung Presiden Jokowi dalam kontestasi Pilpres sebelumnya. Pada Rakornas kali ini  Paguyuban Pujakesuma akan menentukan sikap politik berkaitan dengan kontestasi Pilpres 2024.

Di tempat yang sama, H. Sukiman di temui di sela-sela acara menyampaikan agar seluruh masyarakat khususnya Rokan Hulu (Rohul) dan pada umumnya masyarakat Riau agar senantiasa guyub dan rukun, terutama keluarga Paguyuban Pujakesuma Riau agar dapat menjadi inspirator dan penggerak dalam menjaga suasana yang damai, nyaman dan aman selama pelaksanaan Pesta Demokrasi baik Pileg, Pilpres, dan Pilkada di tahun 2024 ini.

"Kita harus dapat selalu menjaga suasana yang damai, aman, dan nyaman. Kita tingkatkan semangat toleransi dan saling menghargai perbedaan pendapat dalam menentukan sikap untuk memilih Pemimpin dan Wakil Rakyat, karena itu adalah hak setiap warga Negara," ujarnya.

H. Sukiman juga berharap Pesta Demokrasi di Provinsi Riau terutama di Kabupaten Rohul dapat berjalan dengan lancar, damai dan aman dengan prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia. (MC Rohul).

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex