PETIR Sebut Ada Dugaan Mark Up Pengadaan Genset di Biro Umum Pemprov, Ini Penjelasannya

Kamis, 21 Desember 2023 - 19:12:56 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com |Organisasi Masyarakat DPN Pemuda Tri Karya (PETIR) mendapati adanya temuan dugaan mark up pada pengerjaan Belanja Modal Sumber Tenaga berupa pengadaan Genset milik Sekretariat Pemerintah Provinsi Riau yang dikerjakan langsung oleh Biro Umum Setdaprov Riau.

Ketua DPN PETIR, Jackson Sihombing mengatakan berdasarkan dokumen data kontrak dan spesifikasi teknis kegiatan diduga kuat adanya unsur mark up pada kegiatan tersebut.

"Proyek tersebut dimenangkan oleh rekanan CV Riau muda prima dengan nilai kontrak Rp.777.122.100," jelas Jackson, Kamis (21/12/2023).

Jackson menjelaskan, pekerjaan tersebut terdiri dari pekerjaan genset 250 KVA type silent beserta sejumlah pekerjaan elektrikal atau instalasi.

"Kami dapatkan dari hasil diskusi dan investigasi kami dengan supplier sejenis, bahwa genset 300 KVA type silent dengan spesifikasi serupa dibanderol dengan harga rata-rata Rp 120 juta," jelas Jackson.

Dalam hal ini, perhitungan toleransi nilai pekerjaan sudah dikurangi 31% yang merupakan beban pajak beserta keuntungan rekanan sebesar 18%.

"Tapi Tetap saja kami mendapati angka kelebihan bayar yaitu sebesar Rp 279.714.249. Padahal angka itu sudah termasuk perhitungan pekerjaan elektrikal, instalasi, serta ongkos transportasi yang kami tafsir sebesar Rp. 140 juta". Ucap Jackson

Dugaan Mark up tersebut, kata Jackson, juga diperkuat yaitu saat proses lelang, hampir seluruh peserta menawarkan harga yang jauh dari nilai Harga Perhitungan Sementara (HPS).

"Ini tak masuk akal, lelang dibuka harga HPS Rp 790 juta malah ditawar dengan harga dibawah 85%, Bahkan ada yang menawar Rp 500 juta," ujar Jackson dengan terheran.

Atas temuan, tersebut Jackson mengaku tengah melakukan pulbaket dan sudah melakukan klarifikasi ke Biro Umum Pemprov Riau, agar segera melaporkan hal tersebut ke Aparat Penegak Hukum.

"Saya juga siap mengajak PPK untuk kroscek Balance pada kegiatan tersebut yaitu Pak Herman agar sama sama mengecek seperti apa genset tersebut yang merupakan komponen utama pada kegiatan itu,". jelas Jackson.***

Laporan : Jaya



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex