EVP Upstream Business PHR WK Rokan Edwil Suzandi menjadi pembicara dalam kuliah umum yang diikuti ratusan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Jumat (15/12)._

Manajemen PHR Ajak Mahasiswa Riau Ubah Pola Pikir Untuk Maju

Ahad, 17 Desember 2023 - 08:21:26 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Executive Vice President (EVP) Upstream Business PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan Edwil Suzandi menjadi pembicara dalam kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri). Dalam kuliahnya, Edwil mengajak para mahasiswa untuk mengubah pola pikir dari hal yang kebiasaan menjadi luar dari kebiasaan dengan tujuan untuk maju dan sukses.

Edwil menjadi pemateri dalam Kuliah Umum 'Pola Pikir Sebagai Sumber Energi Perubahan' di Kampus Umri, Pekanbaru, Jumat (15/12/2023). Dr Aidl Haris, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Umri bertugas sebagai moderator dalam kegiatan ini.

Dalam materinya, Edwil menyampaikan bagaimana besarnya wilayah operasi dan tanggung jawab PHR di Blok Rokan. Saat ini, PHR memiliki 11 ribu sumur minyak aktif di lebih dari 80 lapangan di WK Rokan dengan luas cakupannya mencapai 6.200 km persegi meliputi 7 kabupaten/kota di Riau.

"Saat ini saya bertanggung jawab terhadap puluhan ribu pekerja di WK Rokan. Kami juga memiliki pipa penyaluran minyak sepanjang 11 ribu kilometer, panjang sekali," katanya.

Padahal, kata Edwil, Blok Rokan ini merupakan lapangan minyak yang terbilang sudah tua (mature). Namun, berkat dari perubahan pola pikir (mindset) dan kerja keras dari para pekerja, PHR kini bisa menjaga laju penurunan produksi pascaalih kelola Blok Rokan, bahkan menjadi penghasil minyak terbesar di Indonesia saat ini.

"Meskipun WK Rokan ini merupakan sebuah lapangan yang sudah tua, tapi karena kita ubah pola pikirnya, kita harus optimis, sehingga meskipun sudah tua, WK Rokan kini menjadi salah satu lapangan paling aktif di Indonesia dan menjadi penghasil minyak terbesar di Indonesia. Artinya, kami mengubah mindset bahwa Rokan ini masih memiliki potensi yang besar dan bisa memberikan kontribusi yang positif untuk negara," kata Edwil.

Perubahan pola pikir ini, kata Edwil, juga berlaku untuk para mahasiswa. Dia ingin, mahasiswa Riau bisa mengubah pola pikirnya dari hal yang rutinitas, menjadi menjalani hal di luar kebiasaan agar mendapat perspektif baru dan mengalami perubahan yang lebih baik.

"Begitu juga bagi adik-adik mahasiswa, bagaimana kita mengubah kebiasaan kita yang biasanya bangun pagi, mandi dan berangkat ke kampus, kuliah dan setelah itu pulang. Mungkin bisa diubah pola pikirnya, artinya, kalau saya masih melakukan hal yang sama, saya tidak akan maksimal mendapatkan hasil yanh positif," kata Edwil.

"Jika kita ingin berubah, kita harus lakukan yang 'out of the box'. Karena untuk menjadi yang lebih baik, kita harus berubah (change). Tapi tidak hanya sekedar berubah, harus ada inovasi. Dan harus ke arah yang lebih baik," imbuh Edwil yang juga

Raihan, salah seorang mahasiwa Umri ditanya Edwil soal bagaimana dia mengubah pola pikirnya agar bisa lebih maju dan sukses. "Saya harus berubah, tidak hanya berangkat ke kampus, kuliah terus pulang. Tapi harus ada perubahan perilaku dari saya untuk bisa sukses. Saya masuk kuliah tepat waktu, lebih aktif saat kuliah, banyak berdiskusi untuk menambah wawasan," katanya.

Kegiatan kuliah umum EVP UB PHR ini disambut baik oleh pihak kampus. Wakil Rektor 3 Umri Jufrizal Syahri berharap, para mahasiswa bisa menyerap ilmu yang disampaikan agar ke depan bisa berdampak pada perubahan diri menjadi lebih baik lagi.

"Seraplah ilmu yang disampaikan oleh Pak Edwil, karena jarang sekali bisa dapat kesempatan belajar dan mendengarkan kuliah umum soal migas langsung dari ahlinya. Semoga ilmu yang diberikan bisa diserap dan bermanfaat bagi mahasiswa Umri ke depannya, terutama dalam perubahan pola pikir sebagai energi untuk menjadi lebih baik lagi," jelas Jufrizal.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex