SDN 04 Minas Jaya Taja Gelar Karya Kewirausahaan (Market Day), Ini Tujuannya

Jumat, 15 Desember 2023 - 13:19:53 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, menggelar kegiatan gelar karya kewirausahaan (Market Day) di halaman sekolah tersebut, Jumat (15/12/2023) pagi.

Dalam hal ini Kepala Korwil Pendidikan Kecamatan Minas Kasbetri S.Sos, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada SDN 04 Minas Jaya yang menurutnya telah melakukan market day itu dengan baik dan sukses.

"Terimakasih kepada SD N O4 Minas yang telah melaksanakan program penerapan P5 dalam kurikulum merdeka dan semoga sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Minas bisa  membuat kegiatan-kegiatan seperti ini," kata Kasbetri S,Sos.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Ketua Komite Sekolah Rahmat Amin SE, atas kerjasama orangtua demi suksesnya acara tersebut yang dilaksanakan oleh siswa siswi kelas 1 sampai kelas 6.

"Terimakasih, semoga kegiatan ini bisa semakin ditingkatkan dan menjadi contoh bagi sekolah lain," katanya.

Sementara itu Kepala SDN 04 Minas Jaya Rosniwati Syamsimar, M.Pd, ia pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh komite SD 04 Minas Jaya beserta guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang telah bersusah payah dan berpartisipasi aktif untuk sama-sama mempersiapkan sehingga terlaksananya Project kewirausahaan tersebut.

"Tujuan dari project ini adalah untuk menumbuh kembangkan anak-anak supaya aktif, mandiri dan memunculkan jiwa kewirausahaannya dimasa depan," kata Rosniwati Syamsimar, M.Pd.

Menurutnya, Anak-anak didiknya saat ini sudah cukup terampil dan sudah bisa untuk mengembangkan bakatnya dibidang usaha atau kewirausahaan dalam proses Market Day.

"Kami hari ini transaksi jual beli tidak menggunakan uang tunai tapi tahap pertama uang tunai atau uang cash itu ditukar pakai uang yang telah disiapkan oleh sekolah kami. Nah, jadi yang dibelanjakan uang-uang yang telah dipersiapkan ditempat yang telah kami siapkan yaitu uang yang beredar adalah bukan uang tunai, tetapi uang yang telah disiapkan dan ditempel sah oleh sekolah," ungkapnya.

Dari sinilah lanjut dia, pihaknya bisa melihat bagaimana anak-anak tadi bisa mempergunakan uang tersebut atau nilai uang yang sesuai dengan barang yang diinginkan.

"Pembagian kegiatan berdasarkan fase untuk fase A kelas 1 dan 2 fase B kelas 3 dan 4 fase C kelas 5 dan 6 beserta koordinator dari masing-masing fase telah dikondisikan dari sekolah," ulasnya mengakhiri.***


Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex