Gubri Dan Bupati Bengkalis Tanda Tangani Kesepakatan Pembangunan Jembatan

Rabu, 13 Desember 2023 - 20:22:46 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis terkait tindaklanjut rencana pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis - Pulau Sumatera sepanjang 6,1 kilometer (Km), di Gedung Daerah Riau, Rabu (13/12/2023).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Gubernur Riau Edy Natar Nasution dengan Bupati Bengkalis Kasmarni, dan disaksikan Sekda Riau SF Hariyanto serta pejabat Pemprov Riau dan Pemkab Bengkalis.

Edy Natar Nasution mengatakan, pembangunan jembatan tersebut dapat tuntas dikerjakan selama lima tahun. Karena itu, ia berharap rencana pembangunan jembatan yang diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp7 triliun tersebut dapat dilanjutkan Gubernur Riau berikutnya.

"Kita menargetkan pembangunan jembatan tersebut bisa selesai satu periode kepemimpinan gubernur (lima tahun), siapapun itu nanti gubernurnya. Syukur-syukur lebih cepat dari itu tiga tahun," katanya.

Untuk itu, lanjut Edy Nasution, rencana pembangunan jembatan tersebut dimulai saat ini perencanaannya, sehingga nanti dapat dilanjutkan Gubernur Riau berikutnya.

"Makanya mulai sekarang kita dudukan rencana pembangunan jembatan ini, kita ingin mendudukkan siapapun gubernur dan bupatinya nanti agar rencana ini dapat dilanjutkan," harapnya.

Edy Nasution menyampaikan, pembangunan jembatan nantinya akan dilakukan dengan multiyears, sebab tidak mungkin bisa dibangun dengan satu tahun anggaran.

"Karena kebutuhan anggaran untuk jembatan itu cukup besar. Makanya kita berharap pembangunan jembatan ini dengan sistem sharing budget, ada sinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten," sebutnya.

"Sistem penganggarannya sharing budget. Saya yakin kalau kita bisa menyampaikan rencana pembangunan jembatan ini dengan baik, maka pemerintah pusat mau bersinergi," sambungnya.

Selain dengan Bengkalis, tambah Edy Nasution, kerjasama pembangunan Jembatan Bengkalis - Pulau Sumatera tersebut juga akan menggandeng Pemkab Siak.

"Kita juga akan menjalani kesepakatan dengan Pemkab Siak, sebab Siak nanti akan dilintasi menuju jembatan itu. Paling tidak mereka akan kita ajak menyiapkan jalur menuju ke penyeberangan," tutupnya.

Sementara itu Bupati Bengkalis, Kasmarni mengatakan bahwa pembangunan jembatan Pulau Bengkalis - Pulau Sumatera sebagai wujud komitmen bersama dalam meningkatkan akses mobilitas masyarakat, yang akan berdampak besar pada peningkatan daya saing daerah, baik dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, transportasi, perdagangan, wisata, dan budaya. 

"Pembangunan jembatan Pulau Bengkalis - Pulau Sumatera ini telah menjadi impian banyak pihak, termasuk kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis, apalagi saat ini satu-satunya akses transportasi dan mobilitas masyarakat, barang dan jasa yang masuk dan keluar dari Pulau Bengkalis hanya menggunakan dan mengandalkan RoRo Sungai Selari Air Putih, dengan berbagai dilema, tantangan, dan keunikannya," jelas Kasmarni. 

Dijelaskan Kasmarni, bahwa penandatanganan hari ini yang dilakukan oleh Gubernur Edy Nasution dan Bupati Kasmarni merupakan impian yang juga ditunggu oleh masyarakat Bengkalis. 

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bengkalis, kami mengucapkan terimakasih, bahwasannya kesepakatan hari ini adalah impian yang juga ditunggu oleh masyarakat Bengkalis," pungkas Kasmarni.(mcr).

 

Laporan : E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex