Hadiri Kunker Komisi IV DPR RI, Husni Paparkan Upaya Pencegahan Karhutla di Siak

Sabtu, 18 November 2023 - 15:23:40 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Wakil Bupati Siak Husni Merza menghadiri Kunjugan Anggota Komisi IV DPR RI Drs. Djarot Saiful Hidayat, M.S beserta rombongan di Markas Manggala Agni DAOPS Sumatera IV / Pekanbaru Balai PPI Wilayah Sumatera, Kecamatan Minas, Jum’at (17/11/2023).

Kunjungan Anggota Komisi IV DPR RI tersebut, merupakan Kunjungan Kerja Spesifik ke Provinsi Riau dalam rangka Meninjau Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Riau.

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Siak, Manggala Agni DAOPS Sumatera VI Siak bekerjasama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Api, untuk membudidayakan Lebah Madu Apis Mellifera di lahan sawit dan akasia.

"Alhamdulillah dengan adanya budidaya Madu Apis Mellifera ini, kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Siak berkurang, karena lebah madu ini tidak suka dengan asap. Oleh karena itu, masyarakat yang beternak madu ini, akan lebih menjaga lingkungan sekitar agar tidak terjadinya kebakaran", jelas Husni.

Selain mengurangi dan mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Siak, budidaya Lebah Madu Apis Mellifera ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan kita mendukung peternakan madu ini, sama saja kita menjaga hutan agar tidak terbakar", ujarnya.

Selain itu, Wabup Husni Merza juga menjelaskan bahwa Kabupaten Siak masuk kedalam Asosiasi Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), dimana disitu berisikan Kabupaten-Kabupaten yang Konsen terhadap kelestarian Hutan dan Alam.

"Anak-anak muda Siak saat ini, telah meneliti dan membuktikan ada ikan di Endemi Gambut yakni Ikan Gabus yang memiliki kadar albumin yang tinggi, sehingga bisa menjadi obat untuk mempercepat penyembuhan luka, pemulihan kondisi setelah sakit dan pemulihan fungsi hati, yang dilaksanakan oleh PT Siak Alam Lestari", ungkap Husni.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi IV DPR RI Drs. Djarot Saiful Hidayat, M.S mengapresiasi Manggala Agni DAOPS Sumatera VI Siak dan Pemerintah Kabupaten Siak yang telah berinovasi untuk mencegah dan mengurangi Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Saya harap madu ini bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Kabupaten Siak. Selain manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan, dengan mempromosikan madu ini kita juga bisa membantu para peternak madu untuk membantu menjaga lingkungan sekitar dari Kebakaran Hutan dan Lahan", harap Djarot.(hms).

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex