SMK N 1 Minas Saat menaja Kegiatan koordinasi Jejaring kerjasama Industri pada Selasa (30/07/19) kemarin, di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Selaraskan Kurikulum Dengan Industri, SMK N 1 Minas Taja Koordinasi Jejaringan Industri

Senin, 26 Agustus 2019 - 13:15:44 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negri  1 Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, selama ini, sekolah itu telah giat menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak luar. Kerja sama itu antara lain dijalin dengan kalangan industri maupun dunia usaha.

 

 

Seperti halnya baru-baru ini Sekolah itu menggelar Kegiatan koordinasi Jejaring kerjasama Industri yang di taja oleh SMK Negeri  1 Minas pada Selasa (30/07/19) kemarin, di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru,  kegitan itu pun di buka langsung oleh kepala dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudyanto,SH. M. Si, yang di wakili oleh DR. H. Nila Resmita, M. Pd  selaku kepala bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau. 

 

 

Hadir juga sebagai narasumber dari PT. United Tractor dan PT. Indah Kiat Pulp & Paper-tbk (Sinarmas Grup). Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh 30 perusahan mitra yang bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Minas.

 

 

“Kerja sama diwujudkan dalam banyak hal. Tujuan pelaksanaan kegiatan melaksanakan penyelarasan kurikulum antar sekolah dan dunia usaha maupun dunia industri." Ujar Agustina Susilawati, S.Pd., M.Pd. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Minas kepada Wartawan Senin (26/08/19) saat di temui di ruang kerjanya.

 

 

Sinkronisasi kurikulum ini dilakukan kata dia, agar sekolah mampu menciptakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha maupun dunia industri. Ada pun dorongan yang dilakukan dalam giat itu antara lain dengan jalinan kerja sama dituangkan dalam naskah kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara sekolah dengan dunia usaha. Dengan adanya MoU itu, kerja sama menjadi semakin kuat dan erat. "Semua perusahan tersebut merupakan mitra dudi yang sudah MoU dengan SMKN 1 Minas." Kata Agustina.

 

 

Dalam kerja sama itu kata dia, tentunya telah menjadikan sekolah membangun relasi sekaligus jaringan dengan dunia swasta maupun industri. Sebab, dalam penyelenggaraan pendidikan SMK memerlukan  praktik kerja industri. "Sebab praktik kerja industri mendukung kompetensi lulusan SMK,” katanya.

 

 

Lanjut dia, hal ini ditaja karena perlunya sinkronisasi antara kurikulum dengan praktik kerja industri. Dia juga berharap selama mengikuti pemagangan nantinya di setiap perusahaan itu, siswa-siswi SMK N 1 Minas dapat bertindak dengan serius.

 

 

"Dengan adanya jalinan kerja sama antara dunia usaha atau industri dengan SMK N 1 Minas ini, tentunya hal ini dapat  membantu menyelesaikan masalah ketenagakerjaan. Kita berharap perusahan-perusahan itu nantinya dapat memanfaatkan tenaga kerja dari alumni SMK kita. Yang artinya kalangan dunia usaha tak perlu lagi mengambil pekerja dari luar daerah Riau." Harapnya.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor     : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex