Bupati Rohul Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

Ahad, 01 Oktober 2023 - 19:37:55 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Upacara ini berlangsung dengan penuh khidmat, di halaman Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian. Ahad (01/10/2023) sekitar pukul 08.00 Pagi.

Dalam sambutannya, H. Sukiman mengatakan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang.

Selama ini upaya yang kita lakukan lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan.

“Zaman boleh berubah, gaya hidup berganti, arus globalisasi menderas, tapi bangsa Indonesia akan tetap berpegang teguh pada Pancasila dan segenap nilai-nilai yang dikandungnya,” katanya.

Oleh karena itu merefleksikan kembali nilai - nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita - cita dan langkah kita ke depan serta dengan nilai - nilai Pancasila yang menyertai langkah kita.

Dalam momentum Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober ini, sebagai bangsa Indonesia wajib mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para pahlawan.

Di akhir sambutannya, Bupati Rohul mengajak ASN harus menghayati Ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan menghormati perbedaan agama, multikultur, solidaritas dan gotong royong.

"Sebagai ASN kita diminta menjadi pelayan publik. Gunakan teknologi menjadi alat pemersatu, alat kemajuan dan sarana untuk membangun peradaban. ASN adalah panggilan untuk mengabdi melayani masyarakat," ajaknya

Ia juga berharap unsur nilai dasar yang harus dimiliki pegawai ASN, adalah memegang teguh ideologi Pancasila, setia dan mempertahankan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Upacara ini juga di ikuti oleh unsur Forkompinda Kabupaten Rohul, Kepala OPD Pemkab Rohul, Pegawai ASN dan Ormas yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.***


Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex