Team Karhutla Polsek Tambang Siap Siaga Padamkan Api di Desa Rimbo Panjang

Ahad, 01 Oktober 2023 - 10:15:51 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com | Adanya informasi terjadi kebakaran lahan sekira pukul 10.00 Wib di Desa Rimbo Panjang kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Team Karhutla Polsek Tambang yang di pimpin Kapolsek Tambang AKP Marupa Sibarani SH, MH turun langsung kelapangan terjadinya Karhutla, Sabtu (30/9/2023)

Berdasarkan informasi tersebut, Kapolsek Tambang AKP Marupa Sibarani SH, MH bersama Team Karhutla Polsek Tambang yang terdiri dari Bhabinkamtibmas dan Personil Polsek Tambang langsung menuju ke TKP dan melakukan pemadaman dibantu oleh personil TNI dari Koramil serta Manggala Agni.

Proses pemadaman sampai sore hari masih berlangsung dan api dapat di kendalikan dan berhubung karena faktor cuaca sudah menjelang malam sehingga untuk pendinginan akan dilanjutkan besok pagi. Adapun luas lahan yang terbakar diperkirakan kurang lebih 1,5 HA dan jenis Lahan yang terbakar tersebut adalah lahan gambut." ucap Marupa

Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja S.I.K, MH
Melalui Kapolsek Tambang AKP Marupa Sibarani SH, MH mengungkapkan, bahwa
sebahagian lahan yang terbakar semak Belukar dan Lahan Gambut.
Sampai saat ini dalam penyelidikan, dimana pemilik lahan belum diketahui lebih pasti," ucap Marupa.

Kami masih dalam penyelidikan guna mengetahui apakah lahan tersebut sengaja di bakar atau tidak. Untuk menanggulangi kebakaran ini, kami Telah menurunkan jumlah personil anggota 4 Polri, 2 TNI dan 6 personil dari MPA.

Dengan mempersiapkan peralatan, berupa Mesin Pompa air merk Robin 2 bh, selang sebanyak 10 gulung, 2 unit sepeda motor dari pihak TNI, 2 Unit Sepeda Motor Polri, dan 1 unit alat pemadaman jenis ministrik serta 5 gulung selang pemadam dan 1 unit kendaraan mobil patroli.

Adapun kendala yang dihadapi di lokasi, adalah sumber air yang sangat susah didapatkan. Kondisi lahan yang kering dan bergambut api masih susah di padamkan, dengan kondisi lahan semak Belukar. Tapi Team Karhutla Polsek Tambang bersama TNI dan MPA masih bisa menjinakkan api tersebut," ucap Kapolsek Tambang Marupa Sibarani SH, MH.***


Laoran : Irwan Ocu Bundo



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex