Kondisi Sekolah Tidak Layak di Pekaitan, Disdik Rohil: Akan Kita Upayakan

Sabtu, 16 September 2023 - 15:12:52 WIB
Share Tweet Google +

Rohil, Catatanriau.com | Kondisi memprihatinkan bangunan SD Negeri 006 Pekaitan, Kab. Rokan Hilir yang terbuat dari papan dan hanya berlantaikan tanah hingga saat ini masih menjadi tempat sekitar 43 siswa serta empat guru PPPK yang melakukan kegiatan belajar mengajar di SD tersebut.

“Sekolah SD 006 Pekaitan tersebut merupakan sekolah kelas jarak jauh atau filial yang dulunya di dirikan oleh swasembada masyarakat setempat dengan 3 ruang kelas” ucap Asril Arief.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir ini mengatakan sekolah tersebut berada di lingkungan yang cukup jauh dan sulit diakses. Dengan jarak tempuh berkisar 5 km dengan sekolah induknya yakni SDN 006 Pekaitan.

“Kita akan upayakan untuk mengatur priorotas anggaran pada APBD murni 2024 untuk membantu Pembangunan sekolah filial 006 Pekaitan, atau jika sekolah nantinya akan di mandirikan men jadi sekolah persiapan negeri maka akan kita upayakan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Pembangunan sekolah tersebut” Jelas Asril.

Asril mengungkapkan pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala sekolah 006 Pekaitan dan pihak terkait untuk mencari solusi terbaik terkait kondisi dan upaya kedepannya untuk sekolah filial tersebut.

Hal ini dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Rokan Hilir agar para siswa disana dapat belajar dengan layak.

“Memang untuk saat ini kendala dalam perbaikan sekolah selain anggaran yang minim, kondisi jalan dan akses tempuh yang sulit untuk memasukkan bahan material pembangunan” tuturnya.

Terkait kendala yang dihadapi, perlu dorongan semua pihak terkait dalam membantu para siswa untuk mendapatkan fasilitas yang layak dan kesempatan belajar yang sama dengan siswa sekolah negeri lainnya.***

Laporan : Tiyna



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex