Sosialisasi Penyusunan Perencanaan DED Pengamanan Benteng Tujuh Lapis Tambusai

Kamis, 14 September 2023 - 12:46:16 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Pemerintah provinsi Riau melalui Dinas Kebudayaan melaksanakan Ekspose dan Forum Diskusi Terpumpum (FDT) dalam rangka Penyusunan Perencanaan DED Pengamanan Benteng Tujuh Lapis Tambusai.

Kegiatan Sosialisasi ini di fasilitasi oleh Pemkab Rohul melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) yang di laksanakan di Ruang Aula Kantor Perkim Kabupaten Rokan Hulu. Kamis (14/9/2023).

Sosialisasi ini di hadiri oleh Bupati Rokan Hulu yang di wakili oleh Asisten II Bidang Perekenomian dan pembangunan Pemkab Rokan Hulu, Kadis Perkim yang di wakili oleh Sekretaris, Kabid Cipta Karya (CK), Camat Tambusai dan Tokoh Adat Tambusai serta Para Konsultan.

Sementara dari Provinsi Riau kegiatan Sosialisasi ini di hadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang di wakili oleh Kabid Cagar dan Budaya dan Konsultan Perencanaan Tri Hardono Naradari Jawa Tengah.

Acara Sosialisasi ini di buka langsung oleh Bupati Rokan Hulu melalui Asisten II Bidang Perekenomian dan pembangunan Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si yang di dampingi oleh Sekretaris Perkim dan Kabid Cagar dan Budaya Provinsi Riau.

Usai membuka acara Sosialisasi ini, Asisten II Pemkab Rohul Drs. H. Ibnu Ulya, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Riau yang telah memperhatikan keadaan cagar budaya yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

"Benteng tujuh lapis salah satu situs cagar budaya yang perlu di lestarikan sesuai UU No 11 tahun 2010. Untuk itu kita sangat berharap sekali bantuan dari Provinsi untuk ikut dalam pembangunan cagar budaya yang ada di Rohul," katanya.

Dan Ia mengatakan sosialisasi pada hari ini fokus untuk penyusunan Perencanaan pembangunan DED Pengamanan Benteng Tujuh Lapis Tambusai Dalu-dalu.

"Benteng tujuh lapis salah satu situs cagar budaya yang perlu di lestarikan sesuai UU No 11 tahun 2010. Dan benteng tujuh lapis telah di juluki sebagai kampung pertahanan tuanku Tambusai salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu," ujarnya.

Ibnu Ulya juga berharap untuk tahun 2024 nanti sudah bisa di bangun dan ini bukan hanya untuk Benteng Tujuh Lapis namun semua yang ada situs cagar budayanya di setiap kecamatan.

Sementara itu Kadis Perkim Heri Islami, ST.,M.Tmelalui Sekretaris Desna Diana, S.Sos.,M.M mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang telah memberikan kepercayaan kepada Dinas Perkim untuk mengadakan kegiatan ini dengan harapan semoga acara ini bisa terlaksana dengan baik.

Di tempat yang sama, Kadis Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen melalui Kabid Cagar dan Budaya Muhammad Ikbal mengatakan kegiatan Sosialisasi penyusunan perencanaan pembangunan ini melanjutkan kegiatan yang sudah pernah di Laksanakan pada Tahun 2022 yang saat ini masih berjalan.***

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex