Ragam Penampilan Busana Budaya Nusantara Warnai Gita Karnaval Pesta Siaga di SDN 02 Minas Barat

Rabu, 13 September 2023 - 09:30:16 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Sekolah Dasar (SD) Negeri 02 Minas Barat, Kabupaten Siak, Riau, menggelar kegiatan pesat siaga yang telah ditaja setiap tahunnya di sekolah tersebut. Kegiatan itu juga tampak dibuka langsung oleh ketua Kwartir Ranting (Kwarran) 03 Minas Kasbetri S,Sos didampingi Kepala SD Negeri 02 Minas Barat Jarwati SPd, Rabu (13/09/2023) pagi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air terhadap siswa-siswi. Selain itu kegiatan ini juga merupakan kegiatan dari kurikulum merdeka belajar tentang P5  yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila," kata Jarwati ketika diwawancarai Wartawan media ini.

Dengan adanya kegiatan ini lanjut dia, diharapkan juga dapat memupuk rasa kekompakan dan kerjasama terhadap siswa-siswi yang mengikutinya.

"Sebab dalam kegiatan ini ada yang berhubungan dengan kelompok, yang mana dalam kelompok ini dilatih untuk menjaga kebersamaan, karena sikap kebersamaan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan di masa yang akan datang, agar generasi muda kita bisa bekerja sama dalam menciptakan hal yang terbaik," imbuhnya.

Selain itu kata Jarwati, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan, anak-anak dapat memahami tentang kebudayaan daerah yang ada di nusantara.

"Karena dalam hal ini kita juga menampilkan karnaval kebudayaan daerah, sesuai dengan pakaian adat masing-masing siswa," katanya.

Sementara itu Kasbetri S,Sos selaku ketua Kwartir Ranting 03 Minas ketika diwawancarai wartawan terkait hal ini ia mengatakan, bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang telah berjalan dengan lancar dan cukup baik.

"Sebab kegiatan ini kan rutin dilaksanakan disetiap tahunnya, sebagai sarana pembelajaran bagi anak-anak siaga. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kemandirian anak-anak agar bisa mereka terapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari maupun kehidupan yang akan datang," imbuhnya.***


Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex