Ciptakan Lingkungan Yang Bersih & Sehat, SDN 003 Belimbing Adakan Kantin Sekolah Dengan Jajanan Higenis

Selasa, 12 September 2023 - 15:20:29 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 Belimbing, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, dalam dua pekan terakhir ini telah membentuk koperasi kantin sehat dan bersih.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Herdalismawati,SPd,SD selaku Kepala SDN 003 Belimbing ketika disambangi Wartawan media ini diruang kerjanya, Selasa (12/09/2023) pagi.

"Dua minggu terakhir ini kami baru bentuk koperasi kantin sehat dan bersih. Karena memang dalam hal ini diutamakan untuk kebersihan di lingkungan kita dan juga kebersihan makanan terhadap siswa," kata Herdalismawati.

Untuk kantin itu sendiri lanjut dia, pihaknya berjualan tidak menjual makanan yang menggunakan kemasan bungkus plastik ataupun jajanan yang menggunakan tusukan.

"Yang berbungkus-bungkus yang bertusuk-tusuk itu nggak ada kita jual, semua yang dijual disini adalah makanan yang diolah sendiri," katanya.

Hal ini tentunya lanjut dia, dilakukan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, sebab menurutnya jajanan yang menggunakan bungkus itu menyisakan sampah plastik.

"Selain itu kita juga menjual sirup yang kita olah sendiri menggunakan gula pasir murni, kemudian susu, dan teh es-nya dibuat sendiri oleh pekerja yang ada di kantin," ulasnya.

Diakhir dipaparkan dia, tujuan utama diadakannya kantin itu iyalah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan siswa.

"Harapan kami dengan adanya pembentukan kegiatan ini bisa meningkatkan terutama tentang kebersihan di sekolah juga kebersihan di lingkungan anak-anak dan kesehatan anak-anak. Jangan sampai anak-anak terkena penyakit seperti yang kita takuti, misal seperti sakit gula dan lain sebagainya sebab minuman dan makanan yang saset itu cukup berbahaya untuk kesehatan," imbuhnya.

Lanjutnya, "jadi kedepannya semoga hal ini bisa berkelanjutan dan diterima dengan positif terutama oleh para wali murid dan menyambut baik niat baik yang telah kita laksanakan ini," tukasnya.***


Laporan : S.A Pasaribu



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex