Ratusan Siswa-siswi SDN 01 Minas Barat Terlihat Antusias Mengikuti Kegiatan Pesta Siaga Pramuka

Kamis, 07 September 2023 - 12:30:19 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Gugus depan (Gudep) 03.001-03.002 Berpangkalan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, menggelar kegiatan rutin tahunan berupa Pesta Siaga untuk anak-anak siaga usia 7 hingga 10 tahun, dengan tema "Siaga Sehat, Cerdas, Gembira dan Ceria", Kamis (07/09/2023) pagi.

Kegiatan itu tampak dimulai dengan pawai budaya kemudian dilanjutkan dengan upacara dilapangan upacara SDN 01 Minas Barat dan tampak dibuka langsung oleh Erlisda,SPd Selaku Wakil Ketua Kwarran 03 Minas.

"Tujuan kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan terutama kemampuan anak dibiadang keagamaan, karena di dwi darma itu dijelaskan juga tentang keagamaan," kata Mukhtasar SPd selaku Kamabigus ataupun Kepala SDN 01 Minas Barat.

Dalam hal ini lanjut Mukhtasar dengan diadakannya pawai budaya, pihaknya juga bertujuan memperkenalkan kepada anak-anak didik bawa bangsa Indonesia memiliki aneka ragam budaya.

"Oleh karena itulah kita adakan pawai budaya dengan mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah, Alhamdulillah berjalan dengan lancar," katanya.

Dalam hal ini lanjut dia, pihaknya juga mengadakan ragam perlombaan seperti lomba membaca ayat pendek pada kitab suci Al-Quran, lomba sholat subuh, lomba lempar tangkap bola, lomba keseimbangan, lomba musik tradisional dan beberapa lomba lainnya.

"Acara ini juga untuk membentuk karakter anak supaya lebih bisa disiplin dalam bergaul dengan teman-temannya. Kita juga mengambil kegiatan ini berdasarkan kurikulum merdeka belajar yakni mengenai kebudayaan di Nusantara," imbuhnya.***

 

Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex