Pupuk Rasa Patriotisme Bagi Peserta Didik Pada HUT RI Ke-78, SDN 06 Rantau Bertuah Gelar Ragam Perlombaan

Senin, 21 Agustus 2023 - 09:48:57 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Dalam rangka memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-78, Sekolah Dasar (SD) Negeri 06 Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, melaksanakan berbagai macam perlombaan, Rabu (16/08/2023) kemarin.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Elyarozi, SPd,SD, kepala SDN 06 Rantau Bertuah, ia mengatakan pihaknya sengaja mengadakan kegiatan lomba tersebut agar anak-anak didik di sekolah itu dapat merayakan dan merasakan makna perjuangan para pahlawan nasional untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

"Jadi dengan adanya kegiatan lomba seperti ini, anak-anak dapat merasakan makna perjuangan itu, dan bisa mendalami jiwa patriotisme, dan sportivitas. Jadi, mereka berlomba tapi tanpa berfikir capek dan leleh, intinya mereka melakukan lomba tanpa pamrih itu tujuan kita mengadakan lomba ini," kata Elyarozi kepada Wartawan media ini, Senin (21/08/2022).

Selain itu kata Elyarozi, kegiatan ini juga dilakukan selaras dengan kurikulum merdeka belajar, yakni berupa pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasala (P5).

"Ragam perlombaan kita lakukan dalam kegiatan ini, dan itu kita sesuaikan dengan tingkatan anak-anak itu sendiri, misal untuk anak kelas 1 dan 2 kita adakan lomba makan kerupuk dan lomba balap karung kemudian memasukkan paku kedalam botol, dan untuk kelas lainnya seperti memindahkan bola dan lain sebagainya," tukasnya.***


Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex