Camat Minas dan petugas Baznas Siak Beserta polisi dan Kapus Minas Saat poto bersama dengan beberapa anak yang telah selesai di Sunat.

Warga Minas Sangat Senang Dengan Program Khitan Masal Dari Baznas Siak

Rabu, 10 Juli 2019 - 13:16:39 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak hari ini menggelar acara khitan masal untuk anak-anak kaum dhuafa yang berada di Kecamatan Minas. Kegiatan ini pun tampak dilangsungkan di Puskesmas Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (10/07/19) pagi tadi.

 

Terkait hal ini, Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP Msi Saat Diwawancarai oleh Wartawan dia menyampaikan bahwa kegiatan khitan masal ini merupakan program yang di taja oleh BAZN4S kabupaten Siak bekerjasma dengan Dinas Kesehatan dalam rangka untuk membantu para kaum Dhu'afa yang tergolong kurang mampu.

 

Dikatakan dia, adapun khitanan yang di selenggarakan hari ini untuk sekecamatan Minas berjumlah sebanyak 23 orang anak yang terdaftar sebagai peserta Khitan, sementara kuota anak yang disediakan oleh baznas Siak untuk kecamatan Minas mencapai 50 orang anak. 

 

"jika kita mengacu kepada kuota yang di sediakan untuk kita di Minas ini, sebetulnya jumlah itu masih kurang, sebab kita diberi jatah anak lebih dari 50 orang, tapi memang kebetulan di tahun ini anak-anak yang usai untuk dikihtan tidak banyak, hingga kuota yang di sediakan oleh baznas untuk kita tidak dapat kita penuhi seluruhnya." Kata Camat Hendra.

 

Namun demikian, kata dia, pihaknya juga tentunya tak lupa mengucapkan terimakasih kepada para muzaki (Pembayar Zakat-red) yang telah mengeluarkan zakatnya melalui Baznas Siak, baik itu dari para ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun pengusaha ataupun orang-orang yang masuk dalam kategori mampu, "sehingga ini bisa banyak dimanfaatkan, salah satunya program sunat ini, tentunya hal ini sangat membantu bagi anak-anak kita, khususnya keluarga yang tergolong tidak mampu,  sebab kita juga tahu bahwa berkhitan ini merupakan syari'at dari Rasulullah saw, tentu ini kita jalankan untuk mengamalkan syari'at yang telah di ajarkan oleh Rasulullah saw itu." Ucapnya.

 

Sementara itu, Nurmayni (43) Warga Kampung meranti Kelurahan Minas Jaya, dia mengaku sangat senang dengan adanya program khitanan dari Baznas Siak itu, "Ya, ada bahagianya ada juga sedihnya, Alhamdulillah kita bahagia sekali mas, merasa sangat terbantu dengan program sunatan geratis dari Baznas ini, kalau sedihnya ya melihat anak saya itu serets karna mau di sunat, akibat di takut-takuti oleh teman-temannya, setelah di bujuk-bujuk Alhamdulillah dia mau untuk di khitan hari ini," Katanya.

 

Adapun Dokter Hidayati Jasri kepala puskesmas Minas, kepada wartawan dia mengatakan bahwa untuk kegiatan khitan masal ini pihaknya dari puskesmas menyiapkan sebanyak 5 orang petugas medis, diantaranya 3 orang dokter dan 2 orang paramedis, dengan di bantu oleh 10 orang staf puskesmas.

 

"Jadi dalam hal ini kami mengharapkan kepada seluruh orang tua yang anaknya ikut di khitan hari ini, untuk anak-anaknya itu senantiasa di dampingi dan di beri perhatian penuh pasca selesai di sunat nantinya, agar anak itu lekas pulih lah dari luka sunatnya," Pungkas-nya.(*)


Laporan : Idris Harahap

Editor.     : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex