Wakili Riau di Tingkat Nasional, Pj Bupati Kampar dan Kepala Desa Koto Mesjid Ekspose Langsung Dihadapan Tim Penilai Nasional Lomba Desa /Kelurahan di Kemendagri RI di Jakarta

Selasa, 08 Agustus 2023 - 20:23:43 WIB
Share Tweet Google +

Jakarta, Catatanriau.com | Setelah Desa Koto Masjid Raih dinobatkan sebagai Juara I pada Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Riau Tahun 2023 sesuai Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor : Kpts. 800/VI/2023 tentang penetapan juara lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2023, dan menjadikan Desa Koto Masjid sebagai utusan satu-satunya dari Provinsi Riau.  Untuk itu pada hari ini Selasa (08/08) di Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI Jakarta Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis memberikan Ekspose Dihadapan tim penilai Desa /Kelurahan.

Pada Kesempatan tersebut Kepala Desa didampingi langsung oleh Ketua TP PKK Asmawati, S. Pd, Ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Koto Masjid Densiriono , SH. I
Sekdes Koto Masjid Geneper Siddik , S. PI, Camat XIII Koto Kampar Zulfikar SAg MSi, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau Djoko Edi Imhar,  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kampar Lukmansyah Badoe, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP, Kadis Perikanan Zulfahmi, Spi, M. Si.

Diawali dengan penyambutan oleh tim penilai diantaranya Dr. Eko Prasetyanto PP, S.Si, M.Si, MA yang merupakan Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, ,Prof. Dr. Diah Natalisa MBA deputi Bidang pelayanan publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN - RB), Togu S Pardede yang merupakan Direktur pembangunan daerah Bappenas RI serta dari TP PKK Pusat. Dihadapan tim penilai ini Kepala Desa menyampikan Ekspose tentang Kondisi Geografi, kependudukan serta Potensi - Potensi di Desa Koto Masjid.

Untuk diketahui bahwa Desa Koto Masjid yang bergabung di wilayah I bersama dengan Desa yang berasal dari Provinsi lampung, Provinsi Aceh yang bersaing dengan 11 Desa lain yang berada di wilayah II (Provinsi Bali, Provinsi D. I Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Barat, Wilayah III Provinsi Kaltim, Sulawesi Tengah dan Provinsi Kalbar,  sedangkan diwilayah IV ada Desa dari Provinsi Papua Barat, NTT dan Provinsi NTB.

Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE.MM, pada  saat Closing Stateman menyatakan terhadap prestasi ini dirinya sangat berbangga hati dan mengucapkan selamat kepada Desa Koto Masjid yang telah meraih prestasi dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2023 hingga sekarang telah dilakukan penilaian oleh Tim Juri tingkat Nasional " Kata Firdaus

hal ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras semua elemen dalam melakukan persiapan dari awal hingga akhir dalam mengembangkan terhadap potensi yang ada. Dan sekarang Desa Koto Masjid sudah sampai pada tingkat Nasional, ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kampar dan Riau, semoga dengan persiapan yang telah kita lakukan dan telah dinilai dari tingkat kabupaten, Provinsi dan sekarang tingkat Nasional, semoga Koto Mesjid menjadi yang terbaik " Kata Firdaus.

Sementara itu Kepala Desa Koto Mesjid Arjunalis yang didampingi Ketua TP PKK Desa Koto Masjid beserta perangkat Desa Koto Mesjid dengan meyakinkan menyampikan kronologis asal usul Desa Koto Masjid hingga sekarng.

" Kami terus  menggali seluruh potensi yang ada di Desa Koto Masjid sehingga Desa Koto Masjid menjadi sorotan publik dan menjadi daya tarik bagi masyarakat luar untuk melihat dan mengunjungi Desa Koto masjid yang memiliki banyak destinasi wisata dan juga potensi di bidang perikanan sesuai dengan motto tiada rumah tanpa kolam, inilah salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Desa Koto Masjid" Kata Arjunalis

Prestasi ini tidak dapat kami raih tanpa dukungan dari TP PKK Desa Koto Masjid, BPD Desa Koto Masjid maupun unsur tokoh agama, Tokoh pemuda yang selalu memberikan dukungan terhadap kemajuan desa kami ini " Tutur Arjunalis Dihadapan tim penilai yang berasal dari akademisi, Praktisi dan Ilmuan yang profesional di bidangnya tersebut.

Selain itu dikatakan Arjunalis Desa Koto Masjid dengan potensi utama perikanan terus mengembangkan hingga ke Hilir mulai dari kolam ikan, pengeringan ikan maupun produk turunan perikanan berupa Abon Ikan, Kerupuk ikan maupun turunan yang siap menjadi ekonomi baru bagi masyarakat Desa Koto Masjid" Kata Arjunalis

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Desa Koto Masjid, tokoh masyarakat, BPD dan perangkat desa pada tanya jawab tim penilai dengan utusan Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar tersebut

Sementara itu Tim penilai yang silih berganti memberikan pertanyaan kepada utusan Desa Koto Masjid dijawab dengan baik oleh utusan Desa Koto Masjid.

Dr. Eko Prasetyanto PP, S.Si, M.Si, MA yang merupakan Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri dalam pernyataan menyatakan ucapan terima kasih atas ekspose ini dan telah berjalan dengan baik dan sukses, kami akan menilai, mendalami dan melakukan kajian terhadap ekspose yang telah Disampaikan, insyaallah pada tanggal 15 Agustus 2023 akan kita umumkan, semoga Desa Koto Masjid dapat menjadi desa terbaik di Indonesia " Kata Eko Prasetyo yang diamini oleh Tim penilai Nasional lainnya ( Irwan Ocu Bundo)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex