Kunjungi Korban Kebakaran 15 Ruko, Bupati Alfedri Turut Perihatin dan Beri Bantuan

Senin, 07 Agustus 2023 - 17:00:00 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Bupati Siak Alfedri menyempatkan diri mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran 15 unit Ruko di Pasar Kelurahan Sungai Apit di depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syarifah Sembilan di Kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak.

Musibah kebakaran tersebut terjadi pada minggu sore sekitar pukul 15.30 WIB. Musibah tersebut menghanguskan 15 unit ruko, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun warga mengalami kerugian materil mencapai milyaran rupiah.

Bupati Alfedri hadir di damping Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi usai melakukan peninjauan di lokasi kebakaran, dan menemui para korban di tenda darurat menyampaikan turut prihatin atas musibah yang di alami warga Sungai Apit. Tetap bersabar dalam menghadapi ujian ini.

“Kami turut perihatin dan bela sungkawa atas musibah ini, Kejadian ini di luar kehendak kita, tidak ada yang mau rumah kita terbakar, itu pasti. Namun ini merupakan musibah, takdir dari tuhan yang maha kuasa Allah SWT. Kepada saudara kami yang di timpa musibah, Semoga diberikan kekuatan, kesabaran dan ketabahan atas ujian ini,”ujarnya, senin pagi (7/8/2023).

Terhadap keluarga korban kebakaran yang memiliki surat penting dan berharga ikut terbakar atau yang memiliki anak duduk di bangku sekolah, Dinas Sosial bersama Baznas Siak juga ikut menyalurkan bantuan.

“Kami juga membantu pakaian anak sekolah, biasanya Pemda juga memberikan bantuan berupa sembako, uang Rp10 juta/kK, pakaian dan keperluan lain, termasuk melalui Baznas Siak juga membantu Rp5 juta per kepala keluarga,muslim karena ini dana zakat. Hari ini diberikan kepada 12 kepala keluarga yang tertimpa musibah kebakaran,”kata dia.

“Terhadap keluarga korban yang memiliki surat penting ikut terbakar, kami minta pihak terkait membantu, saudara kita ini meringankan beban, kepengurusannya agar di bantu. Apakah dari kelurahan, kecamatan atau ijazah anak bisa minta korwil Dinas Pendidikan agar di bantu untuk membuat surat keterangannya, secepatnya. Termasuk surat-surat tanah, Jika membutuhkan surat keterangan dari kepolisian dari Polsek, saya minta melalui pak Kapolres mohon di bantu,”pinta Alfedri.

Terkait penyebap kebakaran 15 unit Ruko di Sungai Apit tersebut, AKBP Asep Sujarwadi memberikan pernyataan, pihaknya masih melakukan penyelidikan, masih dilakukan pendalaman.

“Kami telah melakukan upaya penyelidikan, asal atau penyebap dari kebakaran, namun masih berproses, jadi saya tidak bisa menyimpulkan ataupun memberikan pernyataan, penyebap kebakaran, masih kita dalami,”singkatnya.(rls/Infotorial).

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex