Manajemen PHR bersama para pemangku kepentingan melaksanakan penanaman pohon secara simbolis dalam rangkaian acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 di Duri.

Aksi Peduli Lingkungan, PHR Ajak Pekerja Blok Rokan Tanam Pohon Hingga Uji Emisi di Duri

Sabtu, 10 Juni 2023 - 20:14:41 WIB
Share Tweet Google +

Bengkalis, Catatanriau.com | 9 Juni 2023. Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggelar rangkaian aksi Peduli Lingkungan. Aksi ini merupakan salah satu wujud nyata PHR demi keberlangsungan alam dan lingkungan yang terjaga.

Program tersebut selaras dengan semangat pemerintah melalui Kementerian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mengusung tema 'Beat Plastic Pollution and Global Warming', yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan pemanasan global.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua tempat, Duri dan Rumbai. Untuk di Duri, aksi peduli Lingkungan tersebut dimulai dengan Uji Emisi Kendaraan Bermotor yang diikuti 100 peserta pada Kamis (8/6/2023), dan dilanjutkan penanaman pohon hingga sepeda santai, pada Jumat (9/6/2023) dan dihadiri DLHK Bengkalis, Pemerintah Kecamatan Mandau, Kelurahan serta para pemangku kepentingan lainnya.

Secara bersamaan, PHR juga menggelar Lomba Kreasi Pemanfaatan Sampah Domestik, hingga Webinar Pengelolaan Sampah yang menghadirkan narasumber dari DLHK Riau Dwi Yana dan binaan PHR di bidang lingkungan, Lambas Hutabarat.

Mewakili Manajemen, Manager External Communication & Stakeholder Relation (ECSR) North PHR Rudi Arief menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan dalam momen Hari Lingkungan Hidup 2023 ini merupakan wujud nyata dan komitmen perusahaan untuk keberlangsungan alam, dan mewarisi lingkungan yang terjaga untuk generasi bangsa.

"Selain berfokus pada operasi yang andal dan selamat, PHR juga turut menaruh perhatian serius terhadap keberlangsungan lingkungan. Melalui program-program tersebut, harapannya dapat menularkan semangat kepada seluruh insan demi masa depan lingkungan yang lebih baik," katanya.

Rudi mengajak, lewat program tersebut dapat meningkatkan kesadaran agar tidak membuang sampah sembarangan dan juga melakukan aksi nyata bagi alam.

"Terima kasih juga kami ucapkan atas dukungan pemerintah, karena kita harus berkolaborasi untuk sama-sama berkontribusi bagi bangsa dan negara," tuturnya.

Dimulai dari program Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Duri. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud aksi pengurangan jejak karbon, demi lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Aktivitas kendaraan diketahui dapat menimbulkan jejak karbon. Hal tersebut dikarenakan adanya proses pembakaran bahan bakar pada kendaraan.

Lalu, Rudi menyampaikan bahwa para pekerja dan mitra kerja PHR melaksanakan penanaman pohon di lingkungan Camp Duri. Khusus di Duri, sebanyak 200 pohon akan ditanam.

"Hari ini kita tanam, beberapa tahun ke depan akan kita rasakan manfaatnya bersama. Mari kita jaga dan rawat semangat melindungi alam dan bumi kita yang lestari," ujarnya.

Pada acara tersebut, Camat Mandau diwakili Kasi Pelayanan Umum Rudi Hartono mengapresiasi aksi nyata PHR dalam menjaga lingkungan tersebut. "Kami mengapresiasi kepada PHR terhadap berlangsungnya kegiatan ini. Program yang bagus guna mengajak masyarakat terhadap terhadap peduli lingkungan," ujarnya.

Acara yang berlangsung di Duri ditutup dengan sepeda santai dan penanaman pohon. Para peserta tampak antusias dalam melaksanakan rangkaian program tersebut.

PHR sebagai salah satu perusahaan Migas terkemuka di Regional Sumatera dan Tanah Air terus melakukan inovasi dan implementasi program-program sosialnya bagi masyarakat dan lingkungan. Lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), secara konsisten PHR terus berikhtiar dalam menebar manfaat luas bagi masyarakat.

Program TJSL tersebut berfokus pada bidang pendidikan, lingkungan hidup, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan dan bantuan pasca bencana.

Di sisi lain, lingkungan Camp PHR di seluruh wilayah operasi hingga saat ini terus masih terjaga keanekaragaman hayatinya, termasuk habitat satwa liar yang masih terus terjaga.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex