Bupati Rohul Lakukan Penandatanganan Kerja Sama Dengan Balai BSrE BSSN

Rabu, 17 Mei 2023 - 19:33:54 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.COM | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu dalam hal ini H. Sukiman sebagai Bupati Rohul melakukan penandatanganan kerja sama terkait dengan tanda tangan elektronik dengan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSrE BSSN).

Acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini diselenggarakan pada hari Rabu (17/05/2023) di Aula Badan Siber dan Sandi Negara.

Dalam sambutannya, Sekretaris utama BSSN menyampaikan bahwa semakin tinggi tingkat pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, akan berbanding lurus dengan tingkat risiko dan ancaman keamanannya.

"Untuk itu dibutuhkan keamanan siber yang merupakan upaya adaptif dan inovatif untuk melindungi seluruh lapisan di ruang siber, termasuk aset info rmasi yang ada di dalamnya dari ancaman dan serangan siber,” ujar YB Susilo Wibowo.

Lanjutnya, BSSN melalui BSrE memberikan layanan sertifikasi elektronik yang ditujukan untuk memberikan dukungan keamanan informasi dalam pelaksanaan e-government.

BSrE juga telah resmi di nyatakan sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Instansi
berdasarkan Surat Keputusan pengakuan Berinduk Nomor 1036 Tahun 2022 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia," tambah YB Susilo Wibowo.

Sementara untuk pemanfaatan sertifikat elektronik dalam layanan TTE BSrE membangun kepercayaan dengan
memberikan 3 (tiga) aspek keamanan informasi berdasarkan sistem kriptografi asimetrik, yaitu

- jaminan autentikasi, yakni menjamin identitas pemilik dokumen
- jaminan keutuhan, yakni menjamin isi dokumen tidak mengalami perubahan oleh pihak yang tidak berhak.
-jaminan kenirsangkalan, yaitu menjamin tidak ada pihak yang bisa melakukan penyangkalan dari suatu dokumen elektronik.

"Dengan pemanfaatan TTE ini, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses birokrasi, sehingga dapat menciptakan pelayanan publik yang mudah diakses, cepat, dan tidak berbelit dalam pemrosesan data, serta tersedianya data
yang akurat," ujar Bowo.

Masih dalam kesempatan yang sama YB Susilo Wibowo menambahkan bahwa melalui penandatanganan PKS ini, BSSN akan mendukung penuh pelaksanaan implementasi sertifikat elektronik dalam
rangka transformasi digital pemerintah daerah untuk mewujudkan administrasi pemerintahan dan memberikan layanan publik yang lebih aman dan nyaman.

"Saya berharap, 16 (enam belas)
Pemerintah Daerah yang hadir saat ini dan BSrE BSSN dapat mengimplementasikan butir-butir kesepakatan yang telah disusun
dengan penuh komitmen untuk mewujudkan efektivitas kerja, pola kerja terpadu, dan berkesinambungan, serta pemanfaatan
sertifikat elektronik dapat berjalan dengan baik ke depannya," ucapnya mengakhiri.

Dalam kesempatan yang sama, mewakili 16  Pemerintah daerah yang hadir. Bupati Rohul H. Sukiman menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh BSSN kepada pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu untuk dapat memanfaatkan teknologi sertifikasi elektronik dan tanda tangan elektronik.

"Kita semuanya berharap dengan penandatanganan perjanjian kerja sama ini ke depan diharapkan dapat  memudahkan penerbitan sertifikat elektronik dalam memuat Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum dalam transaksi elektronik," kata Sukiman.

Dan hal ini selaras dengan amanat Perpres No. 95 Tahun 2018 tentang SPBE dan Peraturan Bupati Rokan Hulu No. 17 tahun 2022 tentang penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

"Tanda Tangan Elektronik (TTE) sangat diperlukan dalam meningkatkan produktifitas pekerjaan dengan menjamin keamanan dan ke ilegalan dokumen. TTE ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun secara mudah melalui perangkat mobile atau web," pungkas Bupati Rohul ini sambil mengakhiri.

Acara ini di ikuti oelh 16 perwakilan Pemda dari seluruh Indonesia dan dihadiri oleh 3 (tiga) orang Kepala Daerah yakni Bupati Rohul H. Sukiman, Pj. Bupati Maluku Tengah DR. Muhamat Marasabessy, SP.ST.M.TECH, Pj. Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos.MTP.

Sekretaris Utama BSSN YB. Susilo Wibowo dan Kepala Balai sertifikasi Elektronik BSrE Jonathan Gerhard Tarigan, Sekda Rohul 
Muhammad Zaki, S.STP, M.Si beserta para sekda dari pemerintah Kab/kota perwakilan,

Hadir juga Kepala BAPPEDA Kab. Rohul Drs. Yusmar, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Kab. Rohul H. Syofwan, S.Sos beserta para kadis Kominfo pemerintah Kab/kota perwakilan, Kabag Kerjasama dan Administrasi Setdakab Rokan Hulu Muhammad Franovandi, S.STP, M.Si, Plt. Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kab. Rohul Rudy Fadrial, S.Sos, M.Si.****


Laporan : E.S.Nasution

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex