Gudep SMP N 1 Minas Laksanakan Khatam Al-Qur'an Mewujudkan Generasi Cinta Al-Qur'an & Santuni Anak Yatim

Sabtu, 15 April 2023 - 11:53:41 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Dipenghujung kegiatan proses belajar mengajar di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah  ini, Gugus Depan (Gudep) 03.027-03.028 yang berpangkalan di SMP Negeri 1 Minas melaksanakan kegiatan Khatam Al-Qur'an dan Menyantuni Anak Yatim Piatu. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis (13/04/2023) kemarin, bertepatan dengan 22 Ramadhan 2023.

"Pada kegiatan ini kami mengambil dua tema. Tema yang pertama adalah 'Sebaik - baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." Ungkap Kepala SMP Negeri 1 Minas Dra Risna kepada Wartawan media ini, Sabtu (15/04/2023).

Kegiatan yang kedua lanjut dia, adalah Menyantuni Anak Yatim Piatu, "tema yang kami ambil adalah "Berbagi Berkah Rezeki Melimpah." Jelasnya menambahkan.

Kegiatan ini sendiri lanjut Dra Risna, dimulai dengan kegiatan Khatam Al Qur'an. Dijelaskannya khatam Al-Qur'an dilaksanakan merupakan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur karena para siswa sudah mampu membaca dan menamatkan Al Qur'an.

"Kegiatan Khatam Al-Qur'an dimulai dengan arak- arakan  pawai Al-Qur'an  berlangsung dengan khidmat yang diikuti seluruh adik-adik Pramuka  yang muslim, seluruh kakak - kakak Pembina yang muslim dan kegiatan ini juga dihadiri oleh orang tua murid yang anaknya mendapatkan santunan," ulasnya.

Dalam kegiatan Pemberian Santunan kepada Anak Yatim Piatu. Sebagai Kepala Sekolah dan Ka Mabigus Dra Risna pun berharap dengan telah Khatamnya bacaan Al Qur'an hendaknya seluruh Adik-adik Pramuka muslim memahami isi kandungan Al Qur'an dalam setiap kehidupan yang akan dijalaninya. 

"Dan dengan kegiatan ini juga  akan ada Hafish Qur'an," imbuhnya.

Dalam hal ini, Dra Risna juga tak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada bapak ibu  guru MDTW  AL- Muttaqin yang terintegrasi dengan SMP Negeri 1 Minas yang menurutnya telah membimbing anak - anak Muslim menjadi Hafish Qur'an .

"Kegiatan yang kedua dilakukan dengan hari yang sama yaitu Pemberian Santunan adik -adik Pramuka yang Yatim Piatu di pangkalan Gudep 03.027- 03.028 yang berpangkalan di SMP Negeri I Minas yg bertemakan " Berbagi Berkah Rezeki Melimpah" Aamin," katanya.


"Kegiatan pemberian Santunan kepada adik - adik Pramuka  Yatim Piatu ini mudah - mudah dapat meringankan  kebutuhan mereka di hari kemenangan nanti yaitu di  Hari Idul Fitri 1444 H Aamin," tutupnya.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex