Cegah Terjadinya Karlahut di Kampung Olak Dengan Cara Beternak Lebah Madu Jenis Afis Melifera

Selasa, 28 Maret 2023 - 10:53:10 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Babinsa Koramil 03/Minas, Kodim 0322/Siak, Sertu Ardhi Syam bersama Zaiful Azim, SH selaku Penghulu Kampung Olak, dengan bahu membahu pihaknya mendorong program peningkatan ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di area lahan yang rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kampung Olak, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Sebagai upaya mencegah terjadinya Karhutla khususnya pada lahan hutan yang rawan terjadi kebakaran, Babinsa dan Penghulu Kampung Olak menggerakkan kelompok masyarakat (Pokmas) setempat untuk beternak lebah penghasil madu berjenis Afis Melifera. Yang mana sumber makanan dari lebah madu ini berasal dari nextar akasia di wilayah kebun PT RAPP Kecamatan Sungai Mandau.

Program yang digagas tersebut juga berguna untuk memanfaatkan area di sekitar agar dapat menghasilkan nilai ekonomi masyarakat. Kemudian diharapkan dapat berhasil dalam mencegah kebakaran hutan.

Lahan yang telah dimanfaatkan untuk ternak lebah madu ini tentunya akan dijaga dengan baik oleh masyarakat dan tidak terlantar, sehingga tidak mudah terbakar karena adanya rasa kepemilikan masyarakat terhadap area tersebut.

Pembudidayaan lebah penghasil madu ini juga memiliki banyak keuntungan. Selain menghasilkan madu yang dapat dijual, lebah juga dapat membantu penyerbukan tanaman pertanian. Sebab keberadaan lebah dalam jumlah banyak disuatu wilayah membuktikan bahwa lingkungan tersebut dalam kondisi baik.

Program ini dapat berjalan dengan baik atas adanya kerjasama yang sangat baik antara Babinsa dan Pemerintah Kampung setempat bersama masyarakat Kampung Olak.

Adapun Khasiat dan kegunaan madu diantaranya : 

- meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

- menormalkan tekanan darah tinggi.

- Mengobati berbagai gangguan pencernaan.

- Untuk penderita maag.

- Mengobati lemah jantung.

- Melancarkan peredaran darah.

- Meningkatkan Kesuburan.

- Mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

- Mengobati influenza.

- Memulihkan stamina setelah sakit.

- Berdifusi lebih cepat melalui darah sehingga cepat memberikan energi.

- Membantu pembentukan sel darah.

- Berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arterosscelerersis.

Sementara untuk nilai kalori dari Dinas Kesehatan yang terkandung dalam 1 kilogram madu, setara dengan : 

> 50 Butir telur ayam

> 5,7 Liter Susu

> 25 Buah Pisang 

> 40 Buah Jeruk

> 4 Kg Kentang

> 1,68 Kg Daging.

Namun demikian, masih ada kendala dari peternak lebah madu tersebut, seperti masih kurangnya konsumen dalam membeli madu itu. Terlepas dari itu semua yang paling utama tentunya program ini dibentuk untuk menciptakan agar Kampung Olak terbebas dari Api Karlahut.****

 

 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex