Antisipasi Karhutla, Polsek Kuala Kampar Pengecekan Mitigasi Sumur AKHLAG di Desa Tanjung Sum

Antisipasi Karhutla, Polsek Kuala Kampar Pengecekan Mitigasi Sumur AKHLAG di Desa Tanjung Sum

Senin, 13 Maret 2023 - 17:27:48 WIB
Share Tweet Google +

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM | Kapolsek Kuala Kampar , Polres Pelalawan AKP Hanova Siagian SH melaksanakan kegiatan pengecekan mitigasi sumur Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut (AKHLAG) di Desa Tanjung Sum, Senin (13/03/2023). Sumur AKHLAG
adalah salah satu upaya inovasi  untuk menjadi alternatif penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan gambut  sekitarnya.

Kapolsek AKP Hanova Siagian SH mengatakan  Kanit Samapta Ipda H Samosir selaku inisiator founder Sumur AKHLAG beserta personil polsek melakukan pengecekan, identifikasi, penormalan didearah kecamatan Kuala Kampar yang rawan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pengecekan Mitigasi
serangkaian upaya untuk mencegah resiko bencana dengan melakukan kesiapan, penyadaran, dan perencanaan penanggulangan.

Sumur AKHLAG awalnya muncul otodidak mencari sumber air dari dalam gambut. Sulitnya mendapatkan air pemadaman menjadi kesulitan tersendiri saat terjadinya karhutla gambut. Terkadang datangnya helikopter untuk pemdaman, tidak membawa solusi, justru air yang di bom kan tidak sebanding dengan rembetan terbakar yang di akibatkan putaran rotator atau kipas helikopter meniup api dan bara kebakaran daerah gambut.

Ternyata dibawah lapisan gambut banyak air. Timbul ide membuat Penyimpanan air atau bungker air dibawah gambut dilakukan inovasi itulah disebut sumur AKHLAG. Sewaktu air diambil dari dalam, karena sifat air mengisi ruang kosong dan mencari tempat yang rendah. Air akan terus mengisi ruang kosong. Sewaktu terjadi pengisapan air dari dalam sumur. Airnya tidak habis dan sangat efektif untuk antisipasi karhutla terutama lahan gambut.

Munculnya inovasi pembuatan sumur AKHLAG ini dari pengalaman otodidak ipda H Samosir dan telah di teliti dan disempurnakan oleh para tim ahli Rel-AKHLAG. Semoga sumur AKHLAG dapat berfungsi untuk karhutla. Di wilayah Kecamatan Kuala Kampar telah terpasang beberapa titik sebagai uji coba antisipasi karhutla. Polsek melakukan pengecekan mitigasi.

Kegiatan Mitigasi sumur AKHLAG Senin 13 Maret 2023, Kanit Samapta Polsek Iptu Hasoloan Samosir
Ps KSPKT II  Aipda Mulya S, Ps.Kanit Intelkam Polsek  Bripka Febri Watman. Pengecekan posisi sumur Akhlag di Desa Tanjung Sum dengan titik kordinat latitude : 0.598774, Longtitude: 103.2743629.

Mengukur Level Air pada pipa sumur Akhlag terdapat 30 cm dari permukaan gambut, pengecekan pada bulan Februari terdapat level air 10 cm dari permukaan gambut, Penurunan level air 1 bulan terakhir terdapat 20 cm, kondisi gambut disekitar sumur Akhlag Desa Tanjung Sum dan sekitarnya masih terdapat kelembapan permukaan gambut ( Aman)

Pengecekan Sumur Akhlag / Perekaman Bunker sumur Akhlag menggunakan Kamera Endescope hasil nya kedalam bunker 3 meter, tidak terdapat pengendapan material gambut pada bunker. Sumur Akhlag pembuatan pada tahun Desember 2021, Kondisi saat ini baik.*****

Laporan : E Pangaribuan

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex