Poto: Rumah Tahanan (Rutan) Siak Kelas II A Saat Kebakaran Dini Hari Tadi

Ricuh Hingga Kebakaran, Ratusan Tahanan Di Rutan Siak Melarikan Diri

Sabtu, 11 Mei 2019 - 08:44:33 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM-  Kota Siak Sri Indrapura, yang biasanya diketahui sangat aman dan tentram, hari ini Sabtu (10/5/2019) sekira pukul 03.00 WIB Dini Hari, Suasana tentram itu menjadi sangat mencekam.  


Hal ini dikarenakan terjadinya kebakaran dan bentrok serta kaburnya ratusan tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Klas II A Siak Sri Indrapura.


Insiden ini Di ketahui berawal pada dinihari sekira pukul 01.30 Wib dini hari tadi. Rutan Siak yang beralamat di Kampung Dalam Kabupaten Siak itu berubah jadi mencekam. Terlihat dari dalam rutan ada kobaran api dan terdengar suara gaduh bunyi dentuman tembakan dari pihak kepolisian Polres Siak dan petugas Rutan. 


Dari pantauan awak media terlihat ratusan polisi bersenjata lengkap baik di luar dan dalam Rutan. Mereka juga melepaskan tembakan ke udara.  


Dari kesaksian warga sekitar, suara gaduh tersebut diakibatkan adanya kerusuhan di dalam Rutan dan disinyalir ada tahanan yang kabur.  


"Ia suara tembakan terus menerus sebelum pihak kepolisian datang.  Dan suasana sangat menakutkan sekali,  karena kabarnya,  ada tahanan yang kabur, " ujar Ujang (54) warga sekitar Rutan. 


Ia juga mengatakan,  setelah terdengar suara tembakan dari dalam  baru terlihat kobaran api dari dalam Rutan.  


Saat ditanya apa penyebabnya, Ujang mengaku belum tahu pasti.


Tak lama,  di tengah kericuhan itu terlihat ratusan personel Polisi dan TNI berseragam bersenjata melakukan pengejaran terhadap para tahanan yang kabur. 


Seperti yang diungkapkan warga Siak lainnya, Zulkifli (30), dia mengatakan, dirinya melihat ada beberapa orang yang tak memakai alas kaki,  berlari menuju hutan kota dan menuju Jalan Balai Khayang.  


"Tadi saya lihat ada yang berlari menuju hutan kota di Jalan Raka kecil masuk ke sana dan ada juga yang menuju jalan Balai Khayang, " ungkapnya. 


Ia juga mengatakan, tadi sempat melihat ada polisi yang melakukan pengejaran dan melepas tembakan kepada salah satu tahanan yang berusaha kabur.  


"Saya jadi takut,  karena biasanya Siak tenang tenang saja,  tapi hati ini,  cukup mencekam,  akibat kejadian ini, " ujarnya.


Belum jelas apa pemicu kerusuhan di dalam Rutan Siak ini. Dikabarkan juga ada aparat tertembak dalam kericuhan ini.


Petugas keamanan dan polisi sudah berjaga di bagian luar ruangan. Sedangkan tahanan dan warga binaan di dalam terdengar huru hara dan sangat mencekam.(*)

Laporan: IdrisH

Editor    : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex