PT. Buana Wira Lestari Mas dan PT. Rama Jaya Pramukti Berkerjasama Dengan Upika dan MPA Kec. Tapung Hilir dan Tapung Lakukan Sosialisasi dan Simulasi Antisipasi Karhutla

Kamis, 02 Maret 2023 - 18:21:30 WIB
Share Tweet Google +

TAPUNG HILIR (KAMPAR), CATATANRIAU.COM | Bentuk kesiapsiagaan menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kecamatan Tapung Hilir dan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, management perusahaan PT. Buana Wira Lestari Mas dan PT. Rama Jaya Pramukti bekerja sama dengan Upika dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di sekitar perusahaan melaksanakan Apel Siaga serta melakukan Sosialisasi dan Simulasi Antisipasi Karhutla yang digelar di lapangan sepak bola PT. Buana Wira Lestari Mas, Kamis (02/03/2023) sekira pukul 09.00 Wib.

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Antisipasi Karhutla dihadiri langsung oleh Regional Controler Kampar Inti Ruslan Hasibuan serta Regional Controler Kampar Plasma Ir. Abdillah Sholihin didampingi Manager Nagamas Estate Ronny Panjaitan serta seluruh Manager Kebun Inti, Plasma dan Pabrik, SPO Region Kampar Agus Gunawan dan hadiri juga Tim Fire & Peat Management Jakarta.

Tampak juga hadir Kapolsek Tapung Hilir AKP M.Simanungkalit SH MH dan Kapolsek Tapung Kompol Ihut Manjalo Tua Sinurat SH.MH, Camat Tapung Hilir yang diwakili Kasi Pemerintahan serta mewakili Kecamatan Tapung yang diwakili Ketua Pemuda Kecamatan Tapung, Danramil 16/Tapung yang diwakili Danposramil Tapung Hilir dan para Babinsa serta seluruh Kepala Desa yang berada disekitar perusahaan.

Dalam sambutannya, Regional Controler (RC) Kampar Inti Ruslan Hasibuan mengatakan perusahaan berkomitmen akan terus berupaya selalu menjalankan perintah atau amanat undang-undang agar senantiasa menjadi garda terdepan menjaga wilayah yang ada disekeliling perusahaan untuk aman dan terhindar dari bencana Karhutla," ungkapnya.

Ruslan Hasibuan menambahkan, tujuan dari Sosialisasi dan Simulasi Pencegahan Karhutla ini kita laksanakan agar seluruh element masyarakat untuk Oeduli Api dan juga lebih terlatih apabila ada terjadinya Karhutla, dan saya berpesan ayo kita sama-sama menjaga dan jangan ada lagi pembakaran lahan ditempat kita seperti sebelumnya, ini tanggung jawab kita bersama dan kami Perusahaan PT. Buana Wira Lestari Mas dan PT. Rama Jaya Pramukti juga memberikan pendamping serta membantu mengembangkan UMKM kepada para pelaku wirausaha seperti usaha keripik pisang, keripik ubi, minuman sari buah nanas dan masih banyak jenis produk yang sudah kita buat," ungkapnya lagi.

Disini, saya selaku Regional Controler Kampar Inti mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Tapung Hilir dan Kapolsek Tapung serta Upika Kecamatan Tapung Hilir dan Tapung, juga kepada Kepala Desa dan para tamu undangan yang dapat hadir pada acara Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Karhutla hari ini," ucap Ruslan Hasibuan menutup sambutannya.

Selanjutnya dalam sambutannya, Kapolsek Tapung Hilir AKP M.Simanungkalit SH MH dan Kapolsek Tapung Kompol Ihut Manjalo Tua Sinurat SH.MH bersama-sama mengucapkan terimakasih banyak kepada perusahaan PT. Buana Wira Lestari Mas dan PT. Rama Jaya Pramukti yang telah menggelar kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Antisipasi Karhutla yang sangat luar biasa dalam berkontribusi, baik untuk masyarakat sekitar perusahaan maupun Pemerintah Daerah dalam penanganan Karhutla, semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memberi edukasi dan pemahaman masyarakat dalam menanggulangi ancaman Karhutla dan saya juga menghimbau kepada seluruh element masyarakat jangan sekali-kali membakar hutan dan lahan serta membuang rokok sembarangan yang dapat menimbulkan api, apalagi disaat musim kemarau yang kita alami saat ini," ucap Kapolsek.

Ditempat terpisah, digelar simulasi kebakaran seperti mobil patroli melaporkan adanya titik api pada petugas pemadam kebakaran di area lokasi kebakaran dan selanjutnya tim pemadam kebakaran dan mobil Damkar langsung melakukan penyiraman atau penyemprotan air di titik api, kemudian selanjutnya memberi garis Polisi dan memberikan pertolongan pertama kepada korban kebakaran.

Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Antisipasi Karhutla yang digelar PT. Buana Wira Lestari Mas dan PT. Rama Jaya Pramukti berakhir pukul 11.30 wib, dan selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, selanjutnya pihak Perusahaan memperkenakan peralatan-peralatan antisipasi Karhutla kepada para tamu undangan.***

 

Laporan : Irwan Ocu Bundo

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex