Resman Junaidi Kasi Pendidikan Kemenag Siak

Terkait Gedung Sekolah MAN di Minas Yang Dinilai Tak Difungsikan, Resman Junaidi : Tahun Ini Akan Kita Fungsikan Menjadi Sekolah MIN

Rabu, 01 Maret 2023 - 13:23:42 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Siak H. Erizon Efendi, S.Ag., M.Pd melalui Resman Junaidi selaku Kasi Pendidikan Kemenag Siak menyampaikan klarifikasi kepada CATATANRIAU.COM terkait pemberitaan sebelumnya yang mengabarkan tentang gedung sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Minas yang terkesan dibiarkan terbengkalai dan sudah rusak parah, bahkan sebahagian besar mobilernya pun sudah hilang akibat gedung sekolah itu tidak difungsikan sejak akhir tahun 2021 silam.

Menanggapi hal ini Resman Junaidi dengan didampingi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Minas Alwis, S. SosI, MA, ia mengatakan bahwasanya dahulu gedung sekolah tersebut sempat dijadikan sebagai kelas jauh dari MAN 1 Siak, dengan rencana jika berjalan baik, maka akan diusulkan menjadi sekolah MAN Negeri kepada Kementrian Agama RI.

"Tapi ternyata dari tahun ke tahun dalam perjalanannya jumlah siswa yang bersekolah di sekolah itu semakin lama semakin menyusut," kata Resman Junaidi mengisahkan kepada Wartawan media ini, Rabu (01/03/2022).

Bahkan menurutnya berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, ternyata memang MAN 1 Siak tidak berkemampuan mengelola kelas jauh, hal ini disebabkan karena jumlah guru di MAN 1 Siak sangat terbatas.

"Kemudian jarak antara MAN 1 Siak dengan Minas ini cukup jauh, mungkin berkisaran 70 Kilometer. Sehingga tidak mungkin guru yang ada di Siak ini pergi kesana setiap hari bolak-balik mengajar. Olehkarena itu kemudian diambil lah beberapa guru dari sana tapi itu juga tidak mencukupi," ungkapnya.

Atas dasar hal itu lanjut dia, kemungkinan besar masyarakat menilai pengelolaan MAN kelas jauh Minas kurang bagus, sehingga minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut minim dan akhirnya kehabisan siswa.

"Oleh sebab itulah sekolah itu kita tutup kemarin. Memang ada sisa kelas 11, mereka kita pindahkan ke MAN 4 Pekanbaru. Jadi kita tutup karena memang tidak ada lagi sekolah inti yang bisa mengelola kelas jauh," jelasnya.

Lanjutnya, "maka tahun ini kita akan mengadakan rapat terkait hal ini, dan besok kami akan turun dengan pak Kakan Kemenag Siak ke Minas, dan akan membuka kelas jauh dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Siak disana. Dengan asumsi bahwa MIN lebih mudah pengelolaannya dan tidak membutuhkan sumberdaya guru yang banyak, selain itu juga Sekolah MIN memang belum ada di Minas," urainya.

Dijelaskan Resman Junaidi, kelas jauh MIN 1 Siak ini akan mulai difungsikan pada tahun ini dan akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru di tahun ajaran 2023-2024 mendatang.

"Jadi setelah kita perhatikan, dibelakang gedung sekolah itu juga ada sekolah TK, jadi kami fikir sepertinya ada prospek kalau sekolah MIN dibuka disana, dan kemarin kita sudah rapat dengan Kepala MIN 1 Siak, Insya Allah kita akan datang kesana besok bersama dengan kepala MIN dan Kepala Kantor Urusan Agama Siak untuk meninjau aset yang ada di Minas." Tutupnya.***

Penulis : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex