Gelar Bimtek, Wabup Berharap Kades Terpilih Bisa Menjalankan Tugasnya Dengan Baik

Selasa, 07 Februari 2023 - 10:27:28 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Setelah di laksanakan nya Pilkades serentak tahun 2022 beberapa bulan yang lalu, 66 Kepala Desa (Kades) terpilih mengikuti Bimbingan teknis (Bimtek) Pra tugas yang di taja oleh Pemkab Rohul melalui Dinas DPMPD. Senin (06/02/2022).

Bertempat di Pendopo rumah dinas Bupati Rohul. Bimtek ini di buka langsung oleh Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan yang di hadiri oleh Kapolres Rokan Hulu AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Kaban Inspektorat Rohul Helfiskar, Plt DPMPD Prasetyo, Danramil 02 Rambah, Kajari  Pasir Pengaraian dan seluruh para Kades terpilih.

Dalam pidato arahannya H. Indra Gunawan memberikan ucapan selamat kepada para Kades yang terpilih, yang sudah di pilih oleh masyarakat secara langsung.

"Jabatan ini adalah satu amanah yang harus kita emban, kita di pilih oleh masyarakat, semoga nantinya para Kades yang terpilih bisa menjalankan tugasnya untuk lima tahun ke depan, sesuai aturan perundangan-undangan yang ada," ucap H. Indra Gunawan.

Beliau juga menjelaskan, sesuai dengan keputusan Bupati Rokan hulu nomor : kpts.141.1 dpmpd - pemdes / 1063 / 2022 tanggal 29 desember 2022 tentang penetapan Cakades terpilih pada pemilihan Kades serentak di Kabupaten Rokan hulu tahun 2022.

"Sebelum dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades terlebih dahulu dilakukan Pelatihan Pra tugas Kades terpilih," ujar Wakil Bupati Rohul.

Orang nomor dua di Kabupaten Rohul ini juga berharap semoga dengan adanya pelatihan para Kades dapat menjalankan tugasnya sebagai Kades dan dapat juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan teknis, pelayanan informasi dan promosi serta meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara pemangku kepentingan dalam rangka menjalani roda Pemdes.

"Perlu di ingat bahwa pelayanan kepada masyarakat di tingkat desa merupakan garda terdepan oleh karena itu berikanlah pelayanan kepada masyarakat dengan data dan fakta yang jelas," kata Indra Gunawan.

"Apalagi saat ini pemerintah banyak memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, seperi adanya PKH, Bantuan masyarakat miskin dan lain sebagainya, dalam hal ini peran Kades sangat di penting kan, jangan ada tembang pilih dalam penerimaan bantuan," tambahnya.

Penghujung sambutannya, Wabup menekankan kepada seluruh Kades agar bisa memaksimalkan alokasi Dana Desa untuk membangun daerahnya secara transparan dan terhindar dari KKN guna menyesuaikan dengan Visi kita yakni Membangun Desa Menata Kota.

Usai membuka acara Bimtek saat di wawancarai oleh awak media, beliau berpesan kepada seluruh para kades terpilih agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti acara Bimtek ini sehingga apa yang di sampaikan oleh para Nara sumber bisa sebagai pedoman dalam menjalankan tugasnya sebagai Kades.

"Kita berharap dengan adanya Bintek ini para Kades yang terpilih bisa menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik, sesuai visi dan misi Pemkab Rohul," katanya.

Pada kesempatan yang sama, PLT Kepala DPMPD Prasetyo, menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Bimtek bagi para Kades terpilih ini agar para Kades dapat memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai Kades selaku garda terdepan dari Pemdes.

Selain dari pada itu juga berguna untuk memberikan kedisiplinan sebab Kades merupakan contoh bagi masyarakat secara langsung.

"Para Kades ini juga akan diberikan Bimtek bagaimana cara pengelolaan dana desa dengan baik dan cara memajukan Desa sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga dalam menjalankan tugasnya tidak menyalahi aturan yang berlaku," katanya.

Ia juga menjelaskan setelah di laksanakan Bimtek dalam jangka waktu dekat akan di lakukan pelantikan kepada para Kades terpilih, tiga bulan pelantikan para Kades di haruskan sudah menyerahkan RPJMDes nya sesuai dengan Visi dan Misinya selaku Kades demi kemajuan Desa yang dipimpinnya.***

Laporan : E.S.Nasution

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex