Hari Ini 15 Orang PKD Se-Kecamatan Sungai Apit Resmi Dilantik

Senin, 06 Februari 2023 - 12:13:20 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, Catatanriau.com | Sebanyak 15 orang Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Sungai Apit Resmi dilantik dan siap mensukseskan pengawasan tahapan Pemilu Tahun 2024.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah serta Pembekalan orientasi dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Sungai Apit Hadi Marfura, SE Senin Pagi  (06/02/2023) di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Apit.

Hadi Marfura Kepada Awak media mengatakan, "Eksistensi PKD merupakan ujung tombak pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu ditingkat Kelurahan/Desa.

"Selamat kepada seluruh PKD yang baru dilantik dan pengambilan sumpah, Jadilah pengawas sejati yang memiliki integritas dan profesionalitas, peran saudara - saudari sangat urgent sebagai ujung tombak pengawasan ditingkat kelurahan/Desa.

Hadi Marfura juga berpesan agar PKD harus semakin memperdalam pemahaman terkait tugas, kewajiban dan kewenangan PKD dalam peraturan perundangan.

Ditempat yang sama, Jefrizal, SH Selaku Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan  Hubungan Masyarakat Panwaslu Kecamatan Sungai Apit meminta kepada seluruh PKD yang telah dilantik agar melakukan kajian fokus terhadap pengawasan dan pencegahan potensi kerawanan pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilu.

"Bangun sinergitas dengan stakeholder, baik Penghulu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat maupun pelajar pemilih pemula, serta bangun simpul pengawasan partisipatif dengan masyarakat.

"Pahami aturan dengan benar, serta membangun hubungan yang baik ke-semua pihak adalah kunci keberhasilan dalam proses pengawasan", TambahNya.

Dikatakannya lagi, PKD harus berkomitmen menjaga integritas dan netralitas sebagai penyelenggara Pemilu dalam pengawasan, demi menciptakan Pilkada yang demokratis, jujur, adil dan berkualitas.

Hadir dalam pelantikan sejumlah tamu undangan, Anggota Bawaslu Kabupaten Siak, Camat Sungai Apit, Kapolsek Sungai Apit, PPK Sungai Apit, Ketua APDESI Kecamtan Sungai Apit.(Mr.j)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex