PHR Dukung Pengembangan Tahura Minas

Ahad, 05 Februari 2023 - 17:27:40 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU, CATATANRIAU.com | 5 Februari 2023* - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR)  mendukung pengembangan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasim (SSH) Minas, sebagai icon kebanggan Provinsi Riau. Dukungan penuh PHR ditandai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (DLHK) Provinsi  Riau dalam upaya mewujudkan visi dan misi Riau Hijau.

Semangat kolaborasi PHR-DLHK Riau diwujudkan dengan penandatanganan dokumen Rencana Pelaksanaan Program (RPP), Rencana Kerja Lima Tahun (RKL) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT). Penandatanganan dokumen dilakukan oleh VP Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto dan Kepala Dinas LHK Riau Mamun Murod serta disaksikan Gubernur Riau Syamsuar, Jumat (3/2).

"Penandatanganan dokumen ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan sehubungan dengan aktivitas PHR yang bersinggungan dengan kawasan Tahura SSH Riau," sampai Rudi.

Dokumen-dokumen ini menjelaskan lebih detil rencana kerja dan aktivitas penunjang yang disepakati kedua belah pihak pada perjanjian kerja sama selama 10 tahun kedepan sejak November 2022. Penandatanganan ini sekaligus memperkuat kolaborasi antara Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi atau UPT KPHP - DLHK Riau selaku pengelola Tahura SSH dengan PHR sehingga upaya perlindungan lingkungan selaras dengan pemenuhan energi nasional.

Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi sinergitas PHR bersama Pemprov Riau dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. “Terima kasih kepada PHR yang telah memiliki komitmen tinggi untuk menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya.

Kerja sama pengembangan Tahura SSH Minas merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan lingkungan (TJSL) PHR di bidang lingkungan. Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong keberlanjutan lingkungan yang harmoni di sekitar wilayah operasi WK Rokan.

Penandatanganan ini juga disaksikan Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison, Kabid Energi Baru dan Terbarukan Dinas ESDM Riau Baharufahmi serta dihadiri perwakilan DLHK Pekanbaru, DLH Kabupaten Siak dan UPT KPHP Tahura Minas.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Yanin Kholison mengatakan, dalam rangka menuju target produksi minyak 1 Juta barel per hari  dan gas 12 kaki kubik (bscfd)  SKK Migas selalu mendukung kerjasama KKKS dengan Pemerintah Daerah di wilayah operasi  di bidang Lingkungan dan kehutanan secara berkelanjutan. "Dengan kolaborasi diharapkan Tahura SSH menjadi lestari dan menjadi tempat edukasi dan wisata bagi seluruh masyarakat di Riau," jelas Yanin.

Pada Sabtu, 3 Desember 2022 lalu. PHR bersama DLHK Riau juga telah menandatangani kesepakatan pengelolaan dan pengembagan potensi konservasi Tahura SSH Minas. Kesepakatan bersama ini hendaknya mampu menjadi daya tarik wisatawan berwawasan lingkungan hingga memberi dampak ekonomi bagi masyarakat.***

# # # # # #

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) merupakan salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak dalam bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah  Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR berdiri sejak 20 Desember 2018.

Pertamina mendapatkan amanah dari Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menugaskan PHR untuk melakukan proses alih kelola dari operator sebelumnya. Proses transisi berjalan selamat, lancar dan andal. PHR melanjutkan pengelolaan WK Rokan selama 20 tahun, mulai 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Daerah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul (gathering stations). WK Rokan memproduksi seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas bagi negara, PHR mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat dan lingkungan.rls

Laporan: Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex