435 Anggota PPS Dilantik, Wabup : Pemkab Rohul Siap Mendukung Tahapan Pemilu Tahun 2024

Selasa, 24 Januari 2023 - 22:37:31 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 435 orang, dari jumlah desa 145 Desa yang ada di Kabupaten Rohul, dari setiap Desa di ikuti 3 orang yang menjadi anggota nggota PPS.

Anggota PPS ini di Lantik langsung oleh Ketua KPU Rohul Elfendri, ST.M.eng yang juga di saksikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Rohul H. Indra Gunawan, bertempat di Taman Kota Pasir Pengaraian. Selasa (24/01/2023).

Pelantikan ini di hadiri oleh, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, ST,M.Si, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK.MH, Kajari Rohul Fajar Haryowimbuko, SH,MH, Kalapas Kelas IIB Pasir Pengairan Bahtiar Sitepu, Danramil Rambah, Ketua PN Pasir Pengairan
serta Komisioner Bawaslu Rohul.

Hadir juga, Anggota KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto, Kepala Dinas Kominfo Rohul H.Sofwan, S.Sos, Plt Kadis DPMPD Prasetyo, Camat Se Rohul Anggota PPK Kecamatan Se Rohul serta Anggota PPS yang yang di lantik.

Usai melakukan pelantikan, Ketua KPU Rohul mengatakan pelantikan hari ini 
dalam rangka persiapan pelaksanaan kontes Politik yang akan berlangsung pada tahun 2024 mendatang.

'Kami berharap kepada anggota PPS yang baru di Lantik agar bisa bekerja dengan baik sesuai tugasnya, sebagai tahap awal pembentukan Sekretariat PPS yang harus sudah terbentuk paling lambat 31Januari 2023 ini," katanya.

Lanjutnya, pada tanggal 26 ini anggota PPS sudah membentuk Pantarlih yang bertugas sebagai pendataan pemilih, anggota PPS juga akan melakukan pemetaan TPS untuk menentukan jumlah anggota Pantarlih yang akan di bentuk," tambah Ketua KPU.

Sesuai dengan persyaratan menjadi anggota PPS yang tidak terlibat dalam kontrak politik baik berupa tim sukses salah satu calon kandidat, beliau meyakini anggota PPS yang di lantik pada hari ini tidak ada yang masuk dalam partai politik.

Pada kesempatan yang sama, Wabup Rohul H. Indra Gunawan mengatakan Pemkab Rohul akan selalu siap mendukung penuh setiap tahapan-tahapan pemilu sesuai undang undang dan peraturan yang berlaku.

"Tahapan demi tahapan untuk menghadapi Pemilu tahun 2024 sudah di laksanakan oleh KPU Rohul dan Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan sekaligus melantik anggota PPS sebanyak 435 orang yang nantinya membantu KPU dalam pelaksanaan Pemilu," kata Wabup Rohul.

H. Indra Gunawan juga memberikan ucapan selamat kepada anggota PPS yang baru di lantik serta berpesan agar amanah yang di berikan dapat di kerjakan dengan penuh tanggungjawab.

"Selamat bertugas, dan kepada anggota yang baru di lantik semenjak hari ini sudah memiliki tanggung jawab untuk ikut sebagai pelaksana pemilu tahun 2024 nanti, untuk itu dalam menjalankan tugas harus independen, anggota tidak boleh menjadi tim sukses bagi salah satu calon kandidat pada pemilu nanti," ujarnya.

Seperti di ketahui, kualitas pemilu sangat ditentukan dari kinerja anggota PPS, untuk itu diharapkan anggota PPS bekerja secara profesional, cermat, adil dan netral serta mensosialisasikan kepada masyarakat untuk hadir ke TPS memberikan hak pilihnya," tambahnya.

Wabup juga berharap kepada anggota PPS agar nantinya akan di tempatkan di setiap TPS agar bisa bekerja semaksimal mungkin demi untuk sukses dan kelancaran Pemilu.

Lanjutnya, Pemkab Rohul akan selalu siap membantu tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 nanti agar bisa berjalan sukses baik dalam pendataan, waktu pelaksanaan dan setelah pelaksanaan Pemilu.

''Kami atas nama Pemkab Rohul menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Rohul untuk secara bersama-sama mengikuti helatan pemilu tahun 2024 mendatang agar demokrasi ini dapat terlaksana dengan baik demi untuk daerah yang kita cintai, yaitu Rokan Hulu," imbuhnya sambil mengakhiri.***

Laporan : E.S.Nasution

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex