Program Jum'at Curhat, Kapolres Rohul Mendapat Apreasiasi Dari Ketua IKADI Rambah Hilir

Jumat, 20 Januari 2023 - 20:15:31 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Meskipun cuaca tidak mendukung yang saat ini musim penghujan, tidak menjadi penghalang bagi Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK.MH untuk terus melaksanakan program Polri yaitu Jum'at Curhat.

Dengan menaiki mobil dinasnya, Kapolres beserta anggota Tim Jum'at Curhat lainnya menuju Desa Rambah hilir Kecamatan Rambah hilir Kabupaten Rohul untuk melaksanakan acara giat Jum'at Curhat. Jum'at (20/01/2023)

Sekitar pukul 07.3O Rombongan Tim Jum'at Polres Rohul berhenti di salah satu warung Buk Lilis tepatnya di Dusun  Kulim Jaya Desa Rambah hilir. Selain Kapolres, Jum'at Curhat ini juga di ikuti oleh Kasat Binmas AKP Hermawan, Paur Humas AIPDA Mardiono Pasda, SH serta Personil Polres Rohul lainnya.

Kedatangan Kapolres dan rombongannya langsung di sambut oleh Camat Rambah hilir, Agus Salim, S.Sos, Kapolsek Rambah hilir IPDA Deby Azhar, SH.MH, Ketua MUI Rambah hilir Buya Mahadi, Tokoh Agama Ustadz Yulisman, Tokoh Masyarakat Ridho Saputra Anggota BPD Desa Rambah Hilir Tengah Zul Akmal, Tokoh Adat Muhammad Yusuf.

Kemudian, Sekretaris Himpaudi Rohul Kasmawati, S Pd,  Ketua  BKMT Rambah hilir Asrianti, Ketua Himpaudi Rambah hilir,  Nurmadia dan Tokoh  masyarakat dan Tokoh perempuan Rambah hilir serta masyarakat lainnya.

Hadir juga dalam giat ini, Kanit Samapta AIPDA Abdulah Azis Daulay, Kanit Reskrim AIPDA Amriyunal, Kanit Binmas BRIPKA Heri Siregar, Kanit Intelkam BRIPKA Amron, Kasium BRIPKA Herizal dan anggota Polsek Rambah hilir lainnya.

Dalam giat Jum'at Curhat tersebut masyarakat bebas memberikan masukan dan bercerita dengan Kapolres terkait pelayanan personil Polri di lapangan begitu juga terkait Kamtibnas.

Seperti yang di sampaikan oleh Kades terpilih Ridho, Ia membahas masalah Narkoba yang saat ini butuh perhatian kita bersama dalam memberantas nya karena Narkoba ini juga sangat meresahkan masyarakat terutama bagi para orang tua yang masih mempunyai anak remaja.

"Saya mewakili masyarakat Desa Rambah hilir berharap kepada Bapak Kapolres untuk bisa memberikan solusi kepada masyarakat agar para bandar Narkoba  bisa di tangkap, mengingat para pemakai narkoba ini banyak efeknya bagi masyarakat, kalau pemakai tidak ada uang buat beli Narkoba maka pencurian lah yang akan terjadi, sehingga masyarakat juga yang jadi korbannya," katanya.

Menanggapi apa yang di sampaikan oleh Rhido, Kapolres Rohul langsung berkomentar untuk penanganan terkait Narkoba ada dua alternatif penanganan yang harus di terapkan oleh masyarakat yaitu Penanganan Hulu dan Penanganan Hilir.

"Yang di maksud dengan penanganan hulu itu ada di tengah-tengah masyarakat itu sendiri, kerja sama yang baik antara tokoh masyarakat, tokoh adatnya serta pemangku lembaga desa untuk tidak ada tawar menawar terhadap pelaku narkoba,"
jelas Kapolres.

Lanjutnya, untuk hilirnya, ini kepada penegak hukum, baik itu dari Polri, Kejaksaan, Pengadilan serta penegak hukum lainnya, dan saya sebagai Kapolres tidak akan pernah tawar menawar dalam tindak pidana Narkoba, begitu juga jika ada informasi anggota saya yang ikut bermain-main dengan narkoba, tolong di beritahukan saya langsung," tegas Pangucap Priyo Soegito.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) Rambah hilir Anto memberikan Apresiasi kepada Kapolres Rohul atas program Polri dalam gerakan Jum'at Curhat tersebut, kegiatan positif seperti ini perlu di teruskan untuk ke depannya.

"ini salah satu program Polri yang wajib kita dukung sebagai masyarakat dengan kegiatan positif seperti ini kita bisa saling memberikan masukan atau keluhan di tengah masyarakat terutama terkait Kamtibnas dan ini juga bisa di jadikan sebagai ajang silaturahmi antara Polri dengan masyarakat," katanya.

Kapolres Rohul mengakui selama program Jum'at Curhat, Polres Rohul beserta jajarannya sudah melaksanakan di beberapa Kecamatan dan Desa di Kabupaten Rohul, namun untuk tingkat Desanya nanti akan di laksanakan oleh Polsek Rambah hilir baik Kapolsek atau Bhabinkamtibmas nya yang akan melanjutkan program ini ke masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, tokoh Adat Rambah hilir M. Nasir menyampaikan terkait kenakalan para remaja dalam memakai kendaraan roda dua yang memasang knalpot brong.

"Kami hanya meminta kepada personil Polsek Rambah hilir untuk menertibkan kendaraan yang memasang knalpot brong, karena ini juga sangat menggangu bagi masyarakat apa lagi pada tengah malam, jadi kami meminta untuk di lakukan Patroli, memang selama ini patroli itu sudah di laksanakan tapi kami berharap agar Patroli ini lebih di tingkatkan lagi," ujarnya.

Menyoroti permasalahan di tengah masyarakat, ini adalah persoalan kita semua untuk itu mari kita lakukan pencegahan dengan solusi-solusi yang bagus, namun jika tidak ada dapat solusinya, silahkan menghubungi Kantor Polisi terdekat.

Kapolres Rohul juga memberikan nomor tempat pengaduan masyarakat, silahkan kontak ke Nomor  081273990973 jika ada hal-hal atau kejadian di tengah-tengah masyarakat. Jangan ragu, Insyaallah semua persoalan di masyarakat pasti akan kita respon dengan sebaik mungkin," ucap Kapolres.

Kapolsek Rambah hilir IPDA Deby Azhar, SH.MH mengatakan Jum'at Curhat merupakan program Polri, guna terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Rambah hilir.

“Kami juga membuka nomor pengaduan masyarakat dengan nomor Hp 081374208010, yang berfungsi untuk menerima informasi dari masyarakat jika ada persoalan yang butuh untuk di tindak lanjuti oleh pihak kepolisian dan nomor ini aktif 24 jam," kata Deby.

Ia juga berharap dukungan dari masyarakat terkait program pemerintah untuk secara bersama-sama menjaga Kamtibnas dengan cara mengaktifkan Pos kamling di daerahnya masing-masing.

Beliau juga menyampaikan Jum'at Curhat ini di laksanakan untuk memperat hubungan silaturahmi antara Kapolres Rohul dengan Polsek Rambah hilir serta warga masyarakat.

"Dengan giat Jum'at Curhat seperti ini kita bisa langsung mendengarkan keluhan dari masyarakat dan bisa langsung menampung informasi yang terjadi di tengah masyarakat khususnya masyarakat yang berdomisili di wilayah hukum Polsek Rambah hilir," pungkas Kapolsek Rambah hilir.

Di akhir kegiatan di adakan foto sesi bersama antara Kapolres dan rombongan dengan para tokoh yang ikut dalam acara Jum'at Curhat ini dan di lanjutkan dengan bersalam-salaman.***


Laporan : E.S.Nasition

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex