Ikuti Rakornas Tahun 2023, Bupati Rohul Siap Jalankan Instruksi Presiden

Rabu, 18 Januari 2023 - 08:30:00 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Bupati H.Sukiman bersama dengan Forkompinda Kabupaten Rokan hulu (Rohul) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2023 yang di laksanakan di Sentul International Convention Center (SICC) Jawa barat. Selasa (17/01/2023) yang di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Hadir dalam acara tersebut, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, serta jajaran TNI/Polri. Untuk Kabupaten Rohul di ikuti oleh Bupati Rohul Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, ST.M.Si, Kajari Rohul Pri Wijeksono, SH.MH, Dandim 0313/KPR, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito, SIK.MH dan Kepala BPS Rohul Surya Legowo SST.

Rakornas mengusung tema "Penguatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Penguatan Pengendalian Inflasi" yang di ikuti lebih kurang 4.545 peserta kepala daerah dan Forkompinda se Indonesia.

Dalam pidato arahannya Presiden Jokowi mengingatkan 6 hal penting kepada para pimpinan daerah antara lain tentang pengendalian inflasi, penanganan kemiskinan ekstrim, stunting, kemudahan investasi, perbaikan birokrasi dan APBD. Serta penggunaan produk dalam negeri, branding kota, juga stabilitas politik, keamanan dan toleransi antar umat beragama.

Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi terhadap kerja keras semua pihak, baik pusat maupun daerah, sehingga pandemi Covid-19 di Indonesia dapat dikendalikan dan pertumbuhan ekonomi dapat terjaga.

“Alhamdulillah, pandemi berhasil kita kelola dan kita kendalikan dengan baik, dan stabilitas ekonomi juga bisa kita pertahankan sehingga berada pada posisi yang sangat baik. Ini berkat kerja keras kita semuanya,” kata Jokowi.

Presiden juga memberikan contoh, tingkat vaksinasi Covid-19 di Indonesia mencapai 448 juta dosis suntikan. Presiden mengakui, penyuntikan 448 juta dosis vaksin tersebut bukan pekerjaan yang mudah namun hal tersebut dapat dilakukan karena dukungan berbagai elemen bangsa.

“Menyuntik 448 juta suntikan bukan barang yang gampang, tapi karena TNI juga ikut, Polri juga ikut, seluruh gubernur, bupati, wali kota, sampai ke tingkat RT/RW semuanya ikut. Itu yang menyebabkan kita bisa menyelesaikan Covid-19 dengan baik,” ungkap Jokowi.

Di tengah pandemi dan perlambatan ekonomi di sejumlah negara indonesia juga mampu mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada kuartal III-2022 ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,72 persen dan di kuartal IV-2022 diperkirakan tumbuh 5,2 hingga 5,3 persen.

“Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali, karena di kuartal III kita bisa tumbuh 5,72 di bandingkan dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Presiden mengatakan meski mampu melalui tahun turbulensi ekonomi di 2022 dengan baik, Indonesia harus tetap hati-hati dan tetap waspada karena tahun 2023 masih menjadi tahun ujian bagi ekonomi global.

“Semuanya harus hati-hati, harus bekerja keras semuanya mendeteksi informasi-informasi dan data-data yang ada di lapangan sehingga jangan sampai kita keliru membuat kebijakan. Sekecil apapun kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta-fakta di lapangan,” tegas Presiden.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga mengungkapkan, bahwa pada tahun 2022 kolaborasi antara instansi pusat dan daerah mampu menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Usai mengikuti Rakornas Bupati Rohul H. Sukiman menyampaikan akan komitmen dan siap menjalankan instruksi Presiden yang sejalan dengan program Kabupaten Rohul, yaitu mewujudkan Kabupaten Rohul maju dan sejahtera di bidang ekonomi.

“Kita akan mengajak seluruh Kepala OPD serta masyarakat untuk secara bersama-sama mensukseskan, serta mewujudkan Kabupaten Rohul yang lebih baik, khususnya dalam menekan angka inflasi, menurunkan tingkat kemiskinan ekstrim, menekan angka stunting, penguatan investasi, seperti apa yang di sampaikan oleh Bapak Jokowi," pungkasnya.***

Laporan : E.S.Nasution

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex