Gelar Pelaksanaan Sunat Massal Gratis & Penyerahan Bantuan Grobak Baznas Inhu, Camat Basuki Sampaikan Tingginya Potensi Wisata Alam di Batang Gansal

Jumat, 16 Desember 2022 - 13:31:52 WIB
Share Tweet Google +

INHU, CATATANRIAU.com | Paino SP Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Indragiri Hulu membuka secara langsung pelaksanaan kegiatan sunat masal gratis 14 Kecamatan se-kabupaten Inhu tahun 2022 di Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu, Riau, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan yang tampak dihadiri langsung oleh Camat Batang Gansal Basuki SKM, Kapolsek, Danramil dan Kepala Puskesmas Batang Gansal, juga diikuti oleh Tim Penggerak PKK, dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Batang Gansal serta para peserta sunat masal dan orangtuanya.

Paino SP Asisten Perekonomian dan Pembangunan Inhu, dalam arahannya mengatakan kegiatan sunatan masal gratis tersebut telah dimulai oleh pemkab Inhu sejak tahun 2010 silam dan hingga saat ini program sunat masal tersebut telah memasuki tahun yang ke-12. 


"Pada tahun 2021 yang lalu disebabkan adanya pergeseran anggaran dampak dari pandemi Covid-19, walaupun bersusah payah Pemkab Inhu tetap berkomitmen menyelenggarakan program tersebut meskipun kuota yang diberikan mengalami penurunan, yakni sebanyak 240 peserta untuk seluruh kecamatan di Inhu," imbuhnya.

Sementara lanjutnya, untuk tahun 2022 ini jumlah dari 240 peserta tersebut kembali bertambah menjadi 560 peserta se-kabupaten Inhu.

"Sehingga jumlah total peserta program sunat masal gratis pemkab Inhu sepanjang 12 tahun penyelenggaraan tercatat sebanyak 13.220 peserta. Insya Allah komitmen ini akan terus kami laksanakan sehingga fungsi dan keberadaan Pemkab Inhu sebagai pelayan masyarakat dapat dirasakan kehadirannya," katanya.


Selain itu lanjut Paino, atas sinergi Baznas Raiu, Baznas Inhu dan Pemkab Inhu dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan sebanyak 100 unit gerobak UMKM untuk 14 kecamatan di Inhu, dengan nilai total Rp 500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah).

"Selain bantuan gerobak kita juga menyalurkan bantuan beasiswa kepada 1440 anak, dengan nilai total bantuan sebesar Rp 460.150.000,-, semoga bantuan pendidikan yang disalurkan dapat dimanfaatkan utamanya untuk menunjang pembiayaan pendidikan bagi anak-anak kita," Paparnya.

Lanjutnya, "untuk para penerima bantuan grobak, saya berharap kiranya bantuan ini dapat dirawat dengan baik sehingga manfaat dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama," pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu pula, Camat Batang Gansal Basuki SKM, ia mengatakan kiranya anak-anak yang berkhitan dapat menjadi anak-anak yang soleh, cerdas dan berkualitas serta menjadi tumpuan masa depan bagi masyarakat Kecamatan Batang Gansal.

"Sunat masal ini dilaksankan sebagai pelaksanaannya tim medis dari Puskesmas Batang Gansal, dikuti oleh sebanyak 40 orang anak-anak yang berkhitan, terdiri dari 10 Desa yang ada di Kecamatan Batang Gansal," jelas Camat Basuki.

Camat Basuki juga menjabarkan bahwa seluruh kegiatan di Kecamatan tersebut berjalan dengan lancar, seperti kegiatan ADD dan lain sebagainya telah mencapai target sesuai yang diharapkan.


"Sampai dengan hari ini, Dana Desa fisik dan keuangan terealisasi sebesar 80%, ADD 80%, dan Bankeu samapi dengan hari ini telah mencapai 100%," kata Camat Basuki.

Camat Batang Gansal itu juga mengatakan bahwa Kecamatan tersebut memiliki (TNBT) Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan juga memiliki Air Terjun yang cukup banyak, serta memiliki Goa dan wiasata pintu tujuh dan wiasata Batu Penjemuran.

"Kami juga punya lahan X-tambang, kami punya sungai, dimana dari sekian banyak sungai yang ada di Batang Gansal masyarakat telah memanfaatkan didua sungai, yaitu Sungai Gansal di Rantau Langsat dengan wisatanya susur sungai menuju Datai, dan juga di Sungai Sisirih dengan wisatanya arum jeram," paparnya.

Oleh karena itu Camat Basuki mengatakan, bahwa masyarakat Kecamatan Batang Gansal berharap besar dengan adanya potensi alam yang dimiliki, nantinya dapat menjadi primadona destinasi wisata di Kabupaten Inhu.

"Mengingat, dengan pariwisata kita bisa menggerakkan semua lini dan juga bisa menyerap tenaga kerja, juga dapat menggerakkan UMKM dan mendorong wira usaha untuk dapat berkarya dan juga mencari ekonomi didalm kegiatan-kegiatan tersebut," imbuh camat.

Menurut Camat, nantinya dengan adanya kegiatan tersebut, hal itu juga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Inhu maupun PAD Desa yang ada di Kecamatan Batang Gansal.

"Untuk itu kami sangat mengharapkan, bahwa sumberdaya alam yang kami miliki nantinya ini menjadi prioritas pembangunan dimasa yang akan datang," harap Camat.

Disamping itu lanjut Camat, pihaknya juga mendorong masyarakat untuk pemberdayaan bekerjasama dengan pihak perusahaan yang ada di Kecamatan tersebut. 

"Dalam hal ini kita mengembangkan madu kelulut yang mana kita mendapatkan bantuan dari perusahaan yang ada di Kecamatan kita, termasuk juga bantuan dari TNBT. Selain itu kita juga mengembangkan tanaman aren," imbuhnya.

Selain itu pihaknya juga berharap kedepan di Kecamatan Batang Gansal bisa mengembangkan tanaman kopi.

"Karena kami juga ingin suatu saat nanti Kecamatan Batang Gansal memiliki produk unggulan, disamping madu kelulut nantinya kita juga mempunyai kopi nira yang kita produksi sendiri, untuk itu mohon dukungan dan supportnya, mudah-mudahan nantinya Kecamatan Batang Gansal ini bisa duduk sejajar dengan kecamatan lainnya atau bahkan bisa melebihi dari kecamatan lain yang ada di Kabupaten Inhu," tukasnya.***

Reporter : Sunggul Aladin Pasaribu

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex