Polsek Minas, Polres Siak, Polda Riau Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022

Selasa, 29 November 2022 - 11:20:03 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Polsek Minas, Polres Siak, Polda Riau gelar apel kesiapsiagaan bencana sebagai upaya untuk mengantisipasi bencana yang timbul akibat faktor alam.

"Pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri serta pemerintah daerah," kata Kapolsek Minas,  KOMPOL Sawaluddin Pane, SH , Selasa (29/11/2022).

Menurutnya, apel tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi bencana alam, dengan harapan semua perencanaan yang telah disiapkan nantinya dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh semua pihak.

“bencana alam merupakan salah satu perhatian semua pihak, sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan semua unsur”, Ucap Kompol Sawaluddin Pane.

Dengan memperhatikan kesiapsiagaan bencana, kata kapolsek, diharapkan akan mampu merespon secara cepat setiap bencana yang terjadi di wilayah Kabupaten Siak , khususnya Kecamatan Minas nantinya.

“Kepada personel Polri dan petugas kebencanaan serta stake holder terkait, diharapkan agar dapat menyiapkan serta memelihara kondisi fisik dan mental apabila nanti dibutuhkan segera”,Imbuh Kapolsek.

Sehingga saat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, segala peralatan dan alat pendukung lainnya dapat dipersiapkan dalam menghadapi bencana alam jika sewaktu-waktu terjadi, dikatakan Kompol Sawaluddin Pane, SH.

Diakhir amanat nya Kapolsek Minas menyampaikan beberapa hal penekanan dari Bapak Kapolda Riau Irjen Pol Mohommad Iqbal, yang perlu dilaksanakan oleh seluruh instansi/stakeholder  dalam rangka kesiapsiagaan penanganan bencana alam sebagai berikut:
1) melaksanakan kegiatan-kegiatan preemtif dan preventif untuk pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana alam;
2) melakukan koordinasi, kolaborasi dan komunikasi dengan stake holder terkait untuk memetakan daerah rawan bencana alam.
3) menyiagakan personil dan perlengkapan penanganan bencana (sar) pada masing – masing instansi yang dapat digerakkan sewaktu – waktu dibutuhkan.
4) lebih memaksimalkan kegiatan pelatihan simulasi bersama dengan instansi terkait guna optimalisasi penanggulangan bencana alam di kota dumai.
5) mengoptimalkan peran masyarakat tanggap penanganan bencana alam.rls

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex