CFEST 2022 Sukses Digelar Dalam Rangka Memperingati Hari Anak Internasional

Senin, 21 November 2022 - 23:38:19 WIB
Share Tweet Google +

PEKANBARU, CATATANRIAU.com | Festival hari anak internasional yang diadakan Trans Studio Mini Pekanbaru bersama Zevky Event Organizer  sukses digelar pada Ahad (20/11/2022) kemarin. 

Acara ini bertajuk  C’Fest (Children Festival) 2022 dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Provinsi Riau, Dra Hj Mimi Yuliani Nazir, MM.

Sekitar pukul 09.33 WIB, mobil berplat nomor 37 tiba di  parkiran Transmart Pekanbaru. 

Mimi Yuliani disambut oleh ketua pelaksana C’Fest, Allef Faiza. Setelah acara dibuka oleh ketua pelaksana, Mimi Yuliani memberikan kata sambutannya. Ia mengapresiasi acara tersebut sebagai gerakan dalam upaya peningkatan literasi anak di Provinsi Riau.

"Acara ini penting kita selenggarakan karena ini salah satu bentuk dukungan dalam meningkatkan angka literasi khususnya di provinsi Riau,” kata Mimi.

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan, mulai dari da’i cilik, tarian berkelompok, paduan suara, nasyid, dan nyanyi solo.

Terdapat juga sesi talkshow yang membahas tentang parenting anak melalui literasi bersama Mimi Yuliani dan  psikolog rehabilitasi medis RSIA Zainab, Emielda Ananda Dale, M.PSI. 
 

Mimi Juga menambahkan bahwa aktivitas memberikan pemahaman literasi itu tidak hanya dilakukan diusia baca tulis anak, namun juga diusia kandungan harus disensor dengan kegiatan belajar orang tua.

“Literasi itu harus kita tanamkan sejak dini bahkan sebelum anak itu lahir di muka bumi,” tambah Mimi.

Selain itu, pihak manajemen Trans Studio mini Pekanbaru, Nina Sriwahyuni menyebutkan acara ini bertujuan sebagai wadah dalam menumbuhkan kecerdasan anak dan  mengembangkan potensi anak- anak  Riau. 

“Tujuannya untuk memperingati hari anak Internasional dan juga menumbuhkan intelektualitas anak melalui literasi, jadi mereka juga bisa langsung mengembangkan diri melalui kegiatan dream shownya kan,” tutur Nina.

Kegiatan ini didukung oleh WW Ponsel, Malika Sticker, PT Total Kinerja Mandiri, Mayskin.Co, Studio 99, Atira Photography & Cromotion, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, Wardah Cosmetic, Kana, Yolesta, Nafisha Florist dan Mayra Boueqet,. Termasuk juga RSIA Zainab dan Bank Sinarmas Pekanbaru yang turut memberikan pelayanan diacara tersebut. Acara ini dimeriahkan bersama 70 peserta dan keluarganya dari 4 Kabupaten kota.

Tidak hanya itu saja, Perlombaan ini menyertai juri ADC TVRI Riau, Ustadz Usman, M.IKom dan Ustadz Muhammad Irham, MA. Pemenang dalam perlombaan da’i cilik diraih oleh Tengku Sufyan Nabil dari SD IT At Taqwa Pangkalan Kerinci manyadang juara satu, Keandra Faris Baihaqi dari MI Al Bukhari Pekanbaru sebagai juara dua dan Kayyisah Nazifa Putri: MIN 3 Pekanbaru.

Sedangkan Dreamshow Nur Rahmah  yang merupakan pemenang akar kita zapin 2019 di malaysia mendampingi C’Fest sebagai juri. Dimana peserta terbaiknya berasal dari berbagai daerah, yaitu  juara satu oleh Sultan syahril (SDN 118 Pekanbaru), juara dua dari SD IT Az-Zuhra dan juara tiga dari Karam Jami’i  Madrasah Islam Ash-Shobirin Tapung Hilir.

Sejalan dengan itu, ketua pelaksana Allef Faiza mengatakan kegiatan C’Fest  dapat membantu orang tua mengetahui cara yang tepat  mengajarkan budaya literasi anak sejak dini, “acara ini dapat membantu mengeksplor bagaimana orang tua melakukan literasi kepada anaknya  sejak dini, agar anak- anak  khususnya di Provinsi Riau dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya,” ucap Allef.

Allef  juga berharap agar acara C’Fest bisa dilakukan setiap tahun bersama pihak pemerintah dan perusahaan swasta lainnya.(red)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex