Didampingi Diskominfo, BPS Rohul Buka Lounching Website Desa & Tutup Pembinaan Desa Cinta Stastik

Selasa, 08 November 2022 - 21:39:58 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Badan Pusat Statistik (BPS) Rokan Hulu (Rohul) secara langsung membuka Lounching Website Desa Puo Raya sekaligus menutup Pembinaan Desa Cinta Stastik (desa cantik) yang di dampingi oleh Diskominfo Rohul tepatnya di Aula Kantor Desa Puo Raya Kecamatan Tandun. Selasa(08/11/2022)

Dalam sambutannya Ketua BPS Rohul. Suryo Legowo SST, M.Si mengapresiasi kinerja tim statistik yang telah berdedikasi selama kegiatan pembinaan desa cinta statistik di Desa Puo Raya sehingga Desa Puo Raya bisa di jadikan percontohan bagi delapan desa lainnya di Kecamatan Tandun.

Pasalnya Desa Pou Raya telah mimiliki Website Desa yang bisa di akses oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan informasi tentang Desa Puo Raya.

Suryo menjelaskan dengan telah di launchingnya Website Desa akan memudahkan informasi seperti jumlah penduduk, keuangan desa, fasilitas pendidikan, kesehatan, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya.

"Alhamdulillah sudah bagus datanya sudah ada semua, cuma mungkin bisa di perjelas untuk memudahkan publik," ujarnya.

Sementara itu Sekcam Tandun Asdi Novel menyambut baik dengan di lounchingnya website desa karena akan mempermudah akses pendataan kependudukan di desa maupun di kecamatan.

"Kalau bisa tahun depan ada 8 desa lagi yang mau dibuatkan website dan kalau bisa nantinya kita adakan di kantor camat dengan menghadirkan narasumbernya dari desa puo raya," harap Sekcam Tandun

Masih di tempat yang sama Kadis Kominfo yang diwakili oleh Kepala bidang (Kabid) IKP Diskominfo Rohul Rudy Fadrial S.Sos, M.Si memberikan penjelasan tersedianya website desa, maka Desa Puo Raya telah mengimplementasikan UU Keterbukaan Informasi Publik.

Transparansi dan keterbukaan informasi sangat di perlukan dalam peningkatan pelayanan publik.
Website Desa akan memudahkan masyarakat beserta stakeholder, dan akademisi dalam mencari data dan informasi tentang Desa dan Pemerintahan Desa Puo Raya.

"Keterbukaan informasi dan kemudahan mengakses informasi itu adalah hak setiap warga Negara, ini sejalan dengan arah kebijakan Bupati dan Wakil Bupati dibidang Komunikasi dan Informatika, yakni digitalisasi layanan informasi dan komunikasi publik," kata Kabid IKP Diskominfo Rohul ini.

Di akhir acara Kepala desa Puo Raya Yasrijon juga 
mengucapkan terimakasih dengan terpilihnya Desa Pou Raya sebagai Desa Cantik dari sembilan desa yang ada di Kecamatan Tandun, sementara untuk nama websitenya akan di beri nama dengan sebutan "Niniok Kombang Talingo".

Acara ini di hadiri oleh Camat Tandun yang di wakili Sekcam, Kadis Kominfo yang di wakili Kabid 
IKP Diskominfo Rohul, Kapolsek Tandun yang di wakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Pou Raya , Kades Pou Raya, Sekdes Puo Raya, Ketua dan Anggota BPD, Kadus, RT/RW serta Masyarakat Desa Pou Raya.

(MCkominfo-Desi/E.S.Nst)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex