Hari Ini Siswa Siswi SDN 01,02 dan 03 Minas Lakukan Imunisasi Difetri dan Tetanus Dari Dinkes Siak

Rabu, 02 November 2022 - 11:22:26 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Siak melalui Puskesmas Minas menggelar imunisasi Difteri dan Tetanus (DT) untuk siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 01, 02, dan SDN 03 Minas Barat, Rabu (02/11/2022).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Puskesmas Minas Dr Hj Hidayati Jasri melalui Julika Rasmaniar Kepala Bagian Tata Usaha (KTU) Puskesmas Minas. 

Ia menjelaskan pelaksanaan imunisasi ini merupakan program imunisasi tambahan bagi siswa Sekolah Dasar yang dilaksanakan setiap tahun, yang menyasar kepada sisswa kelas 1, 2 dan kelas 5.

"Ini merupakan vaksin imunisasi anak sekolah, merupakan kelanjutan dari imunisasi waktu dia bayi," kata Rasmaniar.

Dijelaskannya lagi, adapun untuk pelaksanaannya, hari ini merupakan perdana dilakukan.

"Untuk bulan imunisasi tahun ini, hari ini perdana kita lakukan di SDN 01, 02, 03 sekaligus," jelasnya.

Disinggung target yang dilakukan untuk seluruh sekolah di Kecamatan Minas, ia mengatakan bahwa semua sekolah selesai dilakukan vaksinasi dalam waktu sepekan kedepan.

"Insya Allah dalam seminggu ini semua akan selesai kita vaksinasi khususnya untuk vaksinasi bias ini," paparnya.

Iapun mengatakan bahwa pihaknya tidak menemui adanya penolakan dari siswa, sebab kata dia, vaksinasi ini bukan seperti vaksin covid-19 yang memiliki gejala demam.
 

"Sejauh ini kita belum ada menemui penolakan dari siswa siswi untuk divaksin, sebab mereka waktu bayi juga sudah divaksin serupa dengan ini, untuk tetanus ibunya masih hamil juga sudah divaksin tetanus. Jadi tidak ada penolakan sebab bukan seperti vaksin covid-19 yang bisa menimbulkan reaksi demam," tegasnya.

Sementara itu Kepala SDN 01 Minas Barat, Mukhtasar SPd, pihaknya menyambut baik adanya pelaksanaan vaksinasi tersebut, sebab kata dia hal ini dilakukan sesuai dengan program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak yang dilaksanakan oleh Puskesmas Minas.
 

"Alhamdulillah antusias anak-anak kita cukup tinggi, meskipun ada beberapa orang yang tidak hadir dikarenakan sedang izin sakit," kata Mukhtasar.

Dengan hal ini ia pun berharap, agar kegiatan semacam itu bisa terus terlaksana dan berjalan baik, guna meningkatkan kekebalan tubuh terhadap anak dari gejala difteri dan tetanus.

"Jadi harapan kita dengan vaksin yang diberi ini anak mendapatkan kekebalan tubuh," imbuhnya.

Sebab menurutnya, untuk masalah penyakit tetanus sendiri masih cukup awam dilingkungan Masyarakat, khususnya di Kecamatan Minas.

"Sejauh yang kita pantau, sepertinya tidak ada penolakan dari siswa maupun wali murid untuk melakukan vaksinasi ini, sebab dari undangan yang kita sampaikan kepada wali murid mereka cukup antusias membawa anaknya mengikuti vaksinasi ini," katanya mengakhiri.***

Penulis : Idris Harahap

Editor : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex