Pelatihan & Sertifikasi Pilot Drone, Diskominfo Rohul lulus Dengan Hasil Memuaskan

Ahad, 09 Oktober 2022 - 22:50:43 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) regional Riau mengadakan remote pilot certification training yang terbagi dalam dua kelas yaitu, kelas teori dan kelas praktek.

Untuk kelas teori di laksanakan pada tgl 4 - 6 Oktober 2022 yang di laksanakan secara daring sementara untuk kelas praktek sekaligus sertifikasi dan uji kompetensi pada tgl 8 - 9 Oktober 2022 di Pekanbaru ditaja oleh AIRNAV Indonesia Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Untuk Diskominfo Rokan hulu (Rohul) diikuti oleh Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Rudy Fadrial, S.Sos, M.Si, Team Videografer Media Center diskominfo Rohul Muhammad Ikmi Aprinanda, S.Kom, Syul Amri, S. Kom, Abuzar Al Ghifari, S. Kom dan Ridwan Austrian.

Instruktur Nasional APDI asal Batam Samuel Edyson mengatakan Praktek lapangan dan uji kompetensi dilakukan selama 2 (dua) hari yang mengajarkan  cara menerbangkan Drone yang baik dan benar dan menjelaskan tentang regulasi yang harus di penuhi dan dipatuhi oleh pilot, serta memberikan informasi mengenai aturan saat menerbangkan pesawat tanpa awak agar tidak mengganggu penerbangan komersil

"Intinya sih bagaimana kita mengetahui peraturan yang di atur oleh pemerintah pada pesawat tanpa awak ini Karena ini bukan mainan-mainan biasa" katanya

Direktur CV. Virtual Tur Indonesia itu Berharap agar pilot Drone dapat tertib sesuai regulasi yang ada sehingga tidak terjadi crush dan meminimalisir terjadinya insiden.

Kemudian instruktur Nasional APDI asal Jakarta Bahrun menyampaikan terimakasih kepada pengurus APDI regional Riau yang sudah menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi Pilot Drone, dan memuji antusias dan keahlian  dari peserta pelatihan terutama dari diskominfo Rohul hingga seluruh peserta lulus dengan hasil yang memuaskan.

Masih di tempat Yang sama, ketua APDI Regional Riau Harri Wibowo mengungkapkan ada 2 (dua) kategori yang dinilai dalam sertifikasi Pilot Drone ini yaitu kemampuan teknis dan regulasi, 
Tambah pria yg biasa disapa dg panggilan Om Arpes ini Dan berdasarkan hal tersebut team dari Diskominfo Rohul mendapatkan hasil yang membanggakan

"Selamat untuk team Kominfo dari Rohul jauh-jauh datang ke sini dengan semangat tinggi berjuang tanpa letih dan akhirnya bisa memperlihatkan sebuah contoh bahwa team Kominfo ini selain mempunyai skill juga patuh pada aturan, selamat sekali lagi," ucap Om Arpes.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rohul yang di wakili oleh Kepala bidang (Kabid) Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Rudy Fadrial, S.Sos, M.Si mengatakan.

"Drone sudah menjadi fungsi bukan hanya sekedar alat untuk mendukung tugas kedinasan, fungsi kehumasan, dan fungsi diseminasi dan penyebarluasan  informasi dokumentasi kegiatan pimpinan, terlebih lagi Rokan hulu memiliki banyak potensi pariwisata yang harus di sebarluaskan keluar daerah, terutama melalui website Media Center Rohul," katanya saat usai mengikuti Bimtek.

"Pelatihan ini berfungsi untuk mendukung peningkatan kompetensi SDM di bidang komunikasi dan informatika sesuai dengan Amanat Bupati Rohul agar daerah Rohul menjadi lebih maju," kata Rudi lebih lanjut.

"Untuk ke depan salah satu rencana kegiatan selanjutnya diskominfo dan media center akan mengadakan bimtek dan sertifikasi untuk pengguna Drone dengan kategori hobbi dan rekreasi di Rohul yang akan dilaksanakan pada triwulan ke dua tahun 2023," ucap Rudi.***


(MC Rohul/E.S.Nst)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex